Nasional

FISIP UI Gelar Bedah Buku Karya Darmansjah Djumala "Diplomasi Membumi"

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 15/10/2021 20:01 WIB

Duta Besar Indonesia untuk Austria dan PBB (2017-2021) selaku penulis buku "Diplomasi Membumi" Dr. Darmansjah Djumala, S.E., M.A.

Jakarta, INDONEWS.ID - Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Indonesia menyelenggarakan Bedah Buku berjudul "Diplomasi Membumi: Narasi Cita Diplomat Indonesia" pada Jum`at 15 Oktober 2021.

Acara yang digelar via aplikasi meeting zoom tersebut menghadirkan narasumber antara lain Duta Besar Indonesia untuk Austria dan PBB (2017-2021) selaku penulis buku, Dr. Darmansjah Djumala, S.E., M.A.

Hadir pula pembedah di antaranya Dosen Departemen HI FISIP Universitas Indonesia, Dr. Fredy B. L. Tobing, M.Si., Dwi Ardhanariswari Sundrijo, Ph.D., Broto Wardoyo, Ph.D.

Dalam kesempat tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Austria dan PBB (2017-2021) selaku penulis buku, Dr. Darmansjah Djumala, S.E., M.A. menjelaskan bahwa diplomasi membumi adalah sebuah aproach dan orientasi dari kebijakan para diplomat.

"Diplomasi membumi itu hanya sekadar approach, sebuah orientasi dari kebijakan yang diambil oleh para diplomat ataupun kementerian dan lembaga," terang Djumala dalam pemaparannya.

Diplomasi sendiri, jelasnya, bersifat elitis. Namun orientasi dari diplomasi tersebut jelas untuk masyarakat sebuah negara yang diwakili oleh para diplomat tersebut.

"Kalo kita cerita UMKM, capacity building untuk para nelayan, sekarang di UNIDO kita mengembangkan industri 4.0 khusus bagi UMKM. Nah itu ada bantuannya. Tapi tidak langsung ke rakyat, melalui lembaga pemerintahan tapi orientasinya rakyat," ungkapnya.*

Loading...

Artikel Terkait