Gaya Hidup

Iksan Skuter Merilis Album Orbit Versi Kaset

Oleh : luska - Senin, 01/11/2021 17:01 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Album ke-14 milik musisi folk asal Malang, Iksan Skuter, yang bertajuk Orbit akhirnya dirilis dalam format kaset melalui kerjasama antara Srawung Records, Barongsai Records, dan Rekam Jaya. Kaset tersebut diedarkan resmi mulai 31 Oktober 2021.

Album Orbit sebelumnya pernah dirilis dalam format digital disertai dengan konser launching virtual yang diselenggarakan Srawung Records pada 21 Januari 2021. Semua materi musik di album Orbit ditulis dan direkam oleh Iksan Skuter di studio Srawung Records, Malang. Rizqtsani bertindak selaku sound engineer dan Luluk Andriadi menggarap ilustrasi sampulnya. Seluruh proses produksinya dilakukan ketika masa pandemi Covid-19 gelombang pertama menerpa Indonesia, setahun lalu.

Seperti tema di album-album sebelumnya, Orbit juga berisi kegelisahan yang dirasakan oleh Iksan Skuter. "Temanya memang tidak jauh dari kegelisahan pas pandemi. Bukan yang aku rasain saja, tapi juga kegelisahan teman-teman aku masukin ke album ini," ungkap Iksan Skuter.

Sepuluh lagu dalam album Orbit itu menceritakan soal sulitnya hidup di masa pandemi. Contohnya di “Carpe Diem” yang mengajak pendengar untuk tetap berjuang dan bertarung mengalahkan tantangan yang dihadapi pada setiap hari di masa pagebluk.

"Di lagu itu, intinya kita tahu kalau kondisi hari ini sedang susah. Tapi kita harus tetap mengalahkan yang kita lewati dengan sesuatu yang sedang kita perjuangkan pada konteks masing-masing,” ucapnya. “Lagu tersebut bicara soal 'ayo kita tetap harus bertarung, kita gak bisa mundur, kita harus kalahkan hari ini!’" 

“Saking nganggur-nya!” cetus Iksan Skuter sembari terbahak kalau ditanya bagaimana kiat musisi seperti dirinya bisa begitu produktif bahkan di masa pandemi sekali pun. Ternyata, “Menganggur” alias punya banyak waktu luang memang bikin Iksan Skuter makin fokus berkarya. Faktanya sepanjang pandemi pun dia masih bisa terus menulis dan merekam musik, bikin album baru, produksi aneka jenis video, kolaborasi di sana-sini, bahkan sanggup manggung dan tur lewat berbagai medium yang ada.     

“Malah album ke-15 baru saja selesai aku rekam kemarin. Maaf ya kalau kecepetan!” ucap Iksan Skuter sembari tertawa lalu menyeruput gelas kopinya ketika nongkrong di Rekam Jaya, sepekan lalu. “Dalam waktu dekat aku rilis album lagi. Trus masih ada lagi beberapa agenda ke depan. Ya mumpung nganggur, haha.” 

Rencana ke depannya, album Orbit juga akan dirilis melalui kanal Bandcamp disusul dengan edisi merchandise spesial yang akan diproduksi oleh Rekam Jaya. Kabarnya beberapa diskografi lawas dan stok materi musik Iksan Skuter lainnya kemungkinan besar juga bakal dirilis kembali dalam berbagai format, baik fisik maupun digital. (Harlan Boer)

Artikel Terkait