Bisnis

Dubes RI Beijing Minta Platform E-Commerce JD.com Dukung UMKM Indonesia

Oleh : luska - Rabu, 03/11/2021 16:15 WIB

Beijing, INDONEWS.ID - Dubes RI Beijing, Djauhari Oratmangun bersama dengan 3 Dubes lain dari Chile, Denmark dan Thailand pada 2 November 2021 telah berpartisipasi dalam forum promosi bertajuk: "Synchronizing the Better Life: Ambassadors' Forum on International Consumption" yang diadakan oleh JD.com (Jingdong). JD.com merupakan penyedia platform belanja daring terbesar kedua di Tiongkok. Dalam Forum yang dihadiri oleh sekitar 60 peserta termasuk media China Daily dan harian lokal serta para Key Opinion Leaders (influencer Tiongkok) tersebut, peserta berkesempatan mempromosikan produk-produk unggulan yang selama ini telah eksis di pasar Tiongkok maupun dipasarkan melalui JD.com. 

Dalam paparannya, Dubes Djauhari menyebutkan bahwa sebagai mitra dagang terbesar bagi Indonesia, kolaborasi dengan Tiongkok melalui platform digital harus terus ditingkatkan khususnya dengan mempertimbangkan pesatnya kemajuan teknologi digital dan e-commerce Indonesia. Pada 2020, transaksi e-commerce Indonesia mencapai USD 44 miliar atau meningkat 44% y-o-y, dan diprediksi meningkat 8 kali lipat di tahun 2030 atau mencapai USD 323 miliar.

Selain mengapresiasi perkembangan platform JD.ID yang beroperasi di Indonesia sejak 2015, Dubes Djauhari menekankan pentingnya JD.com untuk terus mendukung masuknya produk-produk lain termasuk yang berasal dari perusahaan UMKM Indonesia di pasar Tiongkok. 

"Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan RI pada awal tahun 2021 telah meluncurkan platform e-commerce bernama IDNStore yang merupakan ajang pemasaran produk-produk UMKM Indonesia dan diharapkan dapat berdampak bagi peningkatan ekspor Indonesia ke Tiongkok," ujar Dubes Djauhari. Hingga saat ini, terdapat 2600 UMKM dengan lebih dari 21,000 jenis produk yang bergabung dalam IDNStore. Selanjutnya Dubes Djauhari mengusulkan kerja sama antara JD.com dengan IDNStore.

Dalam sesi diskusi panel, Dubes Djauhari mengatakan bahwa kolaborasi dengan platform e-commerce seperti JD.com merupakan hal yang penting terutama untuk mendorong ekspor produk UMKM Indonesia ke pasar Tiongkok, sebagai pasar consumer goods terbesar dunia. 

Pihak JD mengapresiasi dukungan Pemerintah Indonesia pada platform JD.ID di Indonesia dan mengutarakan minat untuk memfasilitasi UMKM Indonesia dalam upaya melakukan ekspor ke pasar Tiongkok. JD juga menambahkan bahwa produk Indonesia juga rutin dipromosikan dalam festival belanja tahunan 'Single Day' di Tiongkok yang diadakan setiap 11 November. 

"Saya berharap Festival Single Day dapat menjadi momentum penting dalam upaya promosi produk Indonesia di Tiongkok. Akan tetapi, hal yang lebih penting dari itu adalah bagaimana produk Indonesia yang telah dipromosikan tersebut dapat terus diminati oleh pasar Tiongkok setelah festival itu berakhir," ujar Dubes Djauhari menanggapi.  (Lka)
 

Artikel Terkait