Nasional

Aplikasi PeduliLindungi Bawa Menkes Budi Raih Dua Penghargaan People Of The Year 2021

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 26/11/2021 16:04 WIB

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meraih dua penghargaan People Of The Year 2021 Metro TV pada Rabu (24/11/2021). Penghargaan tersebut diberikan atas upaya-upaya yang dilakukannya dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Dalam keterangan tertulisnya kepada media, Menkes Budi mengatakan, penghargaan tersebut ia persembahkan untuk seluruh insan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang sudah bekerja keras mendampinginya selama 10 bulan menjabat sebagai menkes.

"Penghargaan ini akan saya persembahkan untuk seluruh insan Kementerian Kesehatan yang sudah bekerja keras dan tidak bosan-bosannya mendampingi saya selama 10 bulan di Kementerian Kesehatan. Ini adalah hasil karya mereka semua,” kata Budi Jumat (26/11/21).

Untuk diketahui, Menkes Budi meraih dua panghargaan kategori Innovative Organization Govermental dan kategori Scientific Breakthrought Againts Pandemi melalui aplikasi PeduliLindungi.

Melansir Antara, indikator penilaian yang digunakan merujuk pada kualitas inovasi dan kreativitas berdasarkan dampak dari kebijakan yang diambil hingga diterjemahkan dan konsistensi kebijakan yang dilaksanakan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin diapit Rio Sarwono (rompi kuning) dan Dani Sarwono (kemeja hitam) saat memantau jalannya acara vaksinasi massal covid-19 di Rumah Sarwono.

Menkes Budi dinilai sebagai salah satu tokoh penting di balik percepatan vaksinasi COVID-19, kebijakan penurunan tarif PCR dan antigen sehingga terjangkau oleh masyarakat. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan posisi Indonesia sebagai salah satu negara dengan penanganan COVID-19 terbaik.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan yang sudah berkorban jiwa dan raga untuk bisa menyehatkan Indonesia kembali. Saya rasa apa yang kita lakukan sekarang ini adalah kita harus terus berinovasi agar kita bisa mempersiapkan bukan hanya kita sendiri dan keluarga kita, tapi juga agar selalu bisa menghadapi pandemi COVID-19,” katanya.

Penghargaan "People of The Year 2021" ini merupakan bentuk apresiasi kepada tokoh dan institusi Indonesia dengan berbagai latar belakang yang dipandang berjasa dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19.

Terdapat sembilan kategori penghargaan yang diberikan kepada pimpinan daerah, masyarakat, peneliti, perusahaan dan lembaga, salah satunya penghargaan khusus, yaitu Lifetime Achievement, untuk tokoh yang dinilai berdedikasi dan mengabdi kepada bangsa seumur hidupnya.

Terpisah, Pemimpin Redaksi Media Indonews.id Drs. Asri Hadi mengapresiasi dan menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih Menkes Budi. Menurutnya, penghargaan yang diterima itu merupakan bentuk bahwa Menkes telah melakukan sesuatu untuk Indonesia.

"Selamat kepada Menkes Budi. Ini bukti bahwa Menkes telah berbuat banyak untuk Indonesia, utamanya dalam menghadapi pandemi covid-19 di Tanah Air," kata Asri Hadi kepada Indonews.id.

Asri Hadi mengatakan Menkes pantas mendapat penghargaan tersebut. Sebab sepengetahuannya selama ini, Menkes Budi begitu aktif memantau jalannya kegiatan vaksinasi di berbagai sentra vaksinasi covid-19. Salah satunya di Rumah Sarwono, salah satu unit usaha Joglo Group milik pengusaha Rio Sarwono--yang merupakan teman baik Menkes Budi.

Dosen senior Institut Pemerintahaan Dalam Negeri (IPDN) itu berharap, dua penghargaan tersebut memacu Menkes untuk melakukan berbagai inovasi dalam rangka mencari solusi melawan pandemi covid-19.

"Sekali lagi, mewakili manajemen dan jajaran redaksi Indonews.id, saya mengucapkan selamat. Semoga Menkes terus terpacu dan tak henti-hentinya membawa Indonesia keluar dari badai pandemi covid-19 yang menakutkan ini," harapnya.*

Artikel Terkait