Nasional

Walikota & Warga Shizuoka Antusias Melihat Penampilan Seni Budaya Indonesia di Waiwai World Fair 2021

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 30/11/2021 14:30 WIB

Dubes Heri Akhmadi bertemu dengan Walikota Shizuoka Nabuhiro Tanabe. (Foto: KBRI Tokyo)

Tokyo, INDONEWS.ID - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan PPI Shizuoka berpartisipasi dalam Waiwai World Fair (WWF) yang digelar oleh Pemerintah Kota Shizuoka pada Minggu 28 November 2021.

Indonesia yang secara khusus diundang pada acara tersebut, diwakili oleh KBRI Tokyo dan PPI Shizuoka mendirikan booth Indonesia dan menampilkan beberapa seni budaya nasional.

Duta Besar RI untuk Jepang dan Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi yang hadir di kegiatan ini bersama Nuning Akhmadi memastikan jelang 65 tahun hubungan bilateral Indonesia – Jepang pada 2023 mendatang, diplomasi seni dan budaya kedua negara semakin menguat.

"Diplomasi budaya sangat penting dalam penguatan hubungan Indonesia-Jepang yang akan mencapai 65 tahun pada tahun 2023. Hubungan people-to-people menjadi prioritas awal dalam sebuah hubungan bilateral sebelum berkembang dalam sektor lain seperti politik atau ekonomi," terang Dubes Heri

Dalam kesempatan itu Dubes Heri Akhmadi menjelaskan budaya Tana Toraja Sulawesi Selatan kepada Walikota Shizuoka Nabuhiro Tanabe yang terlihat antusias menyaksikan tarian Tana Toraja dan beragam barang-barang yang dipamerkan di booth Indonesia. Dubes Heri juga mengajak Walikota Nabuhiro Tanabe berkesempatan datang ke Toraja Sulawesi Selatan untuk menyaksikan keindahan alam serta keramahan penduduknya.

Pengunjung warga Jepang yang ramai menyambangi booth Indonesia selain menyaksikan juga nampak menikmati penampilan seni Hadrah, Tari Jaipong dan Pencak Silat. Para pengunjung yang datang ke booth Indonesia disuguhi minuman teh melati serta camilan khas Indonesia.

Dalam kunjungan ini, Dubes Heri melakukan pembicaraan dengan Walikota Shizuoka Nabuhiro Tanabe. Kepada Walikota Shizuoka, Dubes Heri menyarankan agar Kota Shizuoka membangun kerja sama Sister City dengan sejumlah kota di Jawa Barat seperti Bandung atau Bogor di mana banyak terdapat investasi Jepang.

Selain Indonesia, negara lain yang berpartisipasi antara lain Nepal, Afrika Selatan, Vietnam, Maroko dan Filipina.

Pemerintah Kota Shizuoka Jepang setiap tahun menggelar Waiwai World Fair (WWF). Festival yang sempat dihentikan di awal pandemi ini pada tahun 2021 digelar di sepanjang bagian depan kantor Walikota.

Artikel Terkait