Nasional

Pelepasan Ekspor Produk Gula Kelapa Natural Ke Spanyol

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 14/12/2021 07:12 WIB

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Spanyol, Muhammad Najib turut melepas ekspor produk Gula Kelapa Natural ke Spanyol dari Realsa Natural Indonesia (CV REALSA) yang berlokasi di Kota Banyumas dan partnernya Four Trade B.V secara hybrid pada 13 Desember 2021.

Jakarta, INDONEWS.ID - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Spanyol, Muhammad Najib turut melepas ekspor produk Gula Kelapa Natural ke Spanyol dari Realsa Natural Indonesia (CV REALSA) yang berlokasi di Kota Banyumas dan partnernya Four Trade B.V secara hybrid pada 13 Desember 2021.

"Semoga dengan pelepasan ekspor kali ini menjadi awal yang baik untuk terus meningkatnya ekspor Indonesia langsung ke Spanyol khususnya Gula Kelapa Indonesia," kata Dubes Najib dalam keterangan tertulis, Senin (13/12)

Nilai transaksi ekspor untuk Gula Kelapa Natural kali ini sebesar 1 juta Euro atau sekitar Rp16 milyar untuk pemesanan sebanyak 24 kontainer per tahun. Nilai dan jumlah pemesanan ini akan terus meningkat seiring dengan permintaan konsumen di Spanyol jika kualitas terus terjaga.

Proses seleksi yang cukup panjang dilakukan oleh buyer Spanyol, yaitu sejak pelaksanaan Trade Expo Indonesia Tahun 2020 lalu, sampai memenuhi kriteria konsumen Spanyol yang ditandai dengan transaksi ekspor ini. Gula Kelapa ini nantinya akan dipasarkan oleh salah satu perusahaan retail terbesar di Spanyol yang memiliki lebih dari 6000 cabang di seluruh Spanyol.

Kinerja ekspor non migas Indonesia ke Spanyol pada periode Januari - Oktober 2021 tercatat sebesar USD 1,93 milyar dan Impor non migas sebesar USD 428,15 Juta, dengan demikian Neraca Perdagangan non migas Indonesia-Spanyol Surplus USD 1,50 milyar.

Surplus pada periode Januari-Oktober 2021 ini mengalami kenaikan 63,3 % jika dibandingkan dengan surplus Neraca Perdagangan non migas Indonesia – Spanyol pada periode Januari - Oktober 2020.

Sementara berdasarkan data statistik Impor Spanyol yang dikeluarkan oleh Agencia Tributaria, ekspor produk Gula dengan HS 170290 (Sugar, Nesoi, Including Invert Sugar and Invert Syrup) dari Indonesia ke Spanyol sampai dengan September 2021 sebesar USD 276,887 atau naik sebesar 181,43% dibandingkan periode yang sama di tahun 2020.*

Loading...

Artikel Terkait