Sosok

Sejumlah Fakta Seputar Jimmy Gideon, Pelawak yang Meninggal di Tutup Tahun 2021

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 27/12/2021 11:35 WIB

Pelawak Jimmy Gideon meninggal dunia (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Jimmy Gideon meninggal dunia di akhir 2021, tepatnya pada Minggu 26 Desember 2021. Ada fakta menarik seputar sang pelawak yang patut Anda simak.

Informasi meninggalnya Jimmy disebarkan dalam akun Indra Talenta.

"Innalillahi Wainnaillahi Roj`iuun, telah berpulang rekan kita Jimmy Gideon tadi bada isya..Alamat rumah duka: Perum 3 Karawaci Jl. Pajajaran No.115 Tangerang. Allahuma firlahu warhambhu waafi wa fuanhu wa akrimna nuzulahu," tulis admin Indra Talenta.

Sebagai informasi, Jimmy Gideon meninggal dunia di usia 58 tahun. Namanya mungkin kurang terlalu familiar bagi generasi sekarang.

Namun rekam jejaknya di dunia hiburan tidak main-main. Agar kita lebih mengenal sekaligus mengenang sosoknya, berikut adalahs sejumlah fakta tentang sosok ini.

Identitas Pribadi

Sejatinya, Jimmy Gideon memiliki nama asli Abdul Aziz. Almarhum adalah sosok komedian yang berasal dari Bengkulu dan lahir pada tanggal 22 September 1963.

Ia beragama Islam dan disebut sempat hijrah. Adapun nama Jimmy sendiri berasal dari nama julukan masa kecilnya, lantaran waktu kecil wajahnya dianggap mirip Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter.

Bakat melawak tampaknya mengalir pada keluarganya. Pasalnya, Jimmy juga memiliki kakak yang berprofesi sebagai seorang pelawak yakni Ogud dari Grup Tomtam (grup lawak).

Awal Karier

Abdul Aziz mengawali karirnya di dunia hiburan Tanah Air pada 1990. Saat itu, ia bergabung dengan grup lawak ‘Gideon’ bersama dengan Sion dan Habil.

Jadilah nama Jimmy Gideon melekat pada dirinya. Adapun sebagai informasi, Gideon sendiri adalah kelompok lawak yang sebelumnya diperkuat oleh Derry Sudarisman, sosok yang turut mengkonfirmasi kabar meninggalnya Jimmy, dan juga Ginanjar.

Nama ‘Gideon’ sendiri merupakan akronim dari Ginanjar, Derry dan Sion. Namun kedua pendirinya yakni Ginanjar dan Derry memutuskan keluar dari grup yang mereka bentuk dan membentuk lagi sebuah kelompok komedi yang diberi nama ‘Empat Sekawan’.

Selanjutnya kelompok Gideon menyisakan Sion dan Jimmy, ditambah Habil yang menyusul masuk belakangan.

Terkenal Berkat Sitkom

Gara-Gara Nama Jimmy Gideon meledak berkat tayangan situasi komedi atau sitkom berjudul ‘Gara-Gara’ yang pertama rilis di tahun 1992.

Saat itu, Jimmy berakting dengan aktris senior Lidya Kandou dan berperan sebagai sosok suaminya.

Acara tersebut pun terbilang sukses dimana Gara-Gara mengudara selama kurang lebih 6 tahun yakni hingga 1998.

Sejak itu, Jimmy Gideon pun laris di dunia hiburan Tanah Air dengan membintangi sejumlah film hingga acara sitkom.

Pemeran film ‘Lenong Rumpi’ (1991) itu pun turut membintangi sejumlah iklan. Karir Almarhum semakin berkibar usai sukses dengan perannya dalam sinetron Kecil-kecil Jadi Manten.

Jimmy pun terpilih untuk menjadi salah satu aktor dalam film yang menceritakan sitkom legendaris yakni ‘Bajaj Bajuri The Movei’ (2014).*

Loading...

Artikel Terkait