Nasional

Presiden Jokowi Tunjuk Eks Panglima TNI, Hadi Tjahjanto Jadi Komandan Lapangan MotoGP Mandalika

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 30/12/2021 15:11 WIB

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk mantan Panglima TNI, Marsekal (purn) Hadi Tjahjanto sebagai Komandan Lapangan Penyelengaraan MotoGP Mandalika 2022.

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk mantan Panglima TNI, Marsekal (purn) Hadi Tjahjanto sebagai Komandan Lapangan Penyelengaraan MotoGP Mandalika 2022.

Kesibukan baru ini membuat Hadi Tjahjanto melakukan sejumlah langkah persiapan jelang gelaran MotoGP Mandalika 2022 yang dijadwalkan akar digelar pada Maret mendatang.

Utamanya menyangkut sarana dan prasarana di 5 pintu masuk menuju kawasan sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Adapun 5 pintu masuk tersebut meliputi Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Kayangan, dan Bandara Internasional Lombok.

"Sarana dan prasarana juga terus kita benahi di antaranya adalah membuka 5 pintu masuk menuju Mandalika," kata Hadi Tjahjanto dikutip dari Antara, Selasa (28/12/2021).

Hadi mengatakan, pembenahan di 5 pintu masuk itu agar para penonton MotoGP yang berasal dari luar NTB bisa merasakan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan saat menginjakkan kaki di Mandalika.

Khusus untuk bandara, pria yang pernah menjadi Danlanud Adisoemarmo Surakarta itu memastikan bahwa area kedatangan internasional juga telah bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 dan 747.

Pemimpin Redaksi Indonews.id Drs. Asri Hadi, MA bersama Eks Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto (Foto: Ist)

"Internasional bisa didarati pesawat berbadan lebar di Bandara Internasional Lombok, (Boeing) 777 maupun 747, sehingga untuk dukungan logistik juga tidak ada masalah karena 6 pesawat bisa parkir di apron yang sudah disiapkan oleh bandara," tutur Hadi.

Dari kelima pintu tersebut akan disiapkan shuttle bus menuju Mandalika. Pembenahan juga dilakukan di area sirkuit Mandalika, seperti paddock, pit building, dan lintasan sirkuit.

"Termasuk juga akan disiapkan untuk penonton adalah grand stand yang kapasitasnya kita siapkan 50.000 jadi baik untuk penonton yang premium maupun reguler kita siapkan, itu di luar royal box," ujar Hadi.

Secara terpisah, Pemimpin Redaksi media Indonews.id Drs. Asri Hadi, MA menyampaikan selamat kepada Hadi Tjahjanto. Menurutnya, kendati sudah pensiun, sosok Hadi Tjahjanto masih berbhakti kepada nusa dan bangasa.

"Selamat kepada bapak Hadi Tjahjanto atas kepercayaan baru dari Presiden ini. Semoga senantiasa diberkahi kesehatan. Kendati sudah pensiun, pak Hadi tetap berkarya untuk Indonesia," kata dosen senior Institut Pemerintahaan Dalam Negeri (IPDN) ini.*(Rikard Djegadut).

Loading...

Artikel Terkait