Nasional

Mendagri Tito Karnavian Beri Penghargaan Bupati Kolaka

Oleh : Marsi Edon - Jum'at, 31/12/2021 04:01 WIB

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Kolaka Ahmad Safei karena berhasil mencapai target vaksinasi dalam 10 hari.

Penghargaan diberikan langsung oleh Mendagri kepada Bupati Kolaka di lobi Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Tak hanya piagam penghargaan, Mendagri juga memberikan satu unit sepeda motor untuk membantu patroli Pemerintah Kabupaten Kolaka.

Selain itu, Mendagri juga memberikan satu unit Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk membantu pelayanan administrasi kependudukan di daerah tersebut.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah menargetkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama hingga akhir 2021 mencapai 70 persen. Mendagri sendiri gencar mengunjungi berbagai daerah yang capaian vaksinasinya masih di bawah 70 persen.

Meski saat ini capaian vaksinasi dosis pertama secara nasional telah berhasil melampaui target, pemerintah tetap terus memastikan agar jarak capaian vaksinasi antardaerah tersebut tak jomplang.

Mendagri menuturkan, saat kunjungan percepatan vaksinasi Covid-19 ke Sulawesi Tenggara, Bupati Kolaka menyampaikan kesanggupannya mencapai target vaksinasi dalam 10 hari. Saat itu, capaian vaksinasi di Kabupaten Kolaka baru 48 persen.

Mendagri mengapresiasi kesanggupan itu, karena selama kunjungan percepatan vaksinasi ke sejumlah daerah, belum ada kepala daerah yang begitu optimistis seperti Bupati Kolaka.

“Saya jujur saja, baru kali itu dari muter seluruh Indonesia mendengar kata-kata itu,” ujar Mendagri, Kamis (30/12/2021).

Mendagri mengaku mendapat informasi dari Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) pada 22 Desember lalu yang menyebutkan, Kabupaten Kolaka telah berhasil mencapai target vaksinasi di atas 70 persen.

Capaian itu, kata Mendagri, sangat luar biasa karena tak mudah dilakukan oleh daerah dengan kondisi geografis seperti di Sulawesi Tenggara.

Selain itu, Mendagri menuturkan, penghargaan itu sendiri untuk memotivasi seluruh kepala daerah agar mampu mencapai target vaksinasi hingga akhir tahun.

Sementara itu, Bupati Kolaka Ahmad Safei menyampaikan, keberhasilan capaian target vaksinasi itu tak terlepas dari motivasi yang diberikan Mendagri. Mendengar kabar Mendagri yang hendak berkunjung ke Sulawesi Tenggara, Bupati Kolaka segera melakukan konsolidasi dengan jajaran di daerahnya untuk mempercepat vaksinasi.

“Malu kita rasanya, pejabat setingkat Menteri harus datang hanya persoalan vaksinasi ini,” terangnya. Alasan itulah yang membuat Safei berani menyampaikan kesanggupannya mengejar target vaksinasi dalam waktu 10 hari.

Di lain sisi, Safei menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kolaka, termasuk seluruh masyarakat yang telah membantu tercapainya target vaksinasi Covid-19. Bahkan, dengan bantuan dari seluruh pihak, daerahnya dapat mengejar target tersebut hanya dalam waktu 8 hari.*

Loading...

Artikel Terkait