Nasional

Tingkatkan Literasi Keuangan, PNM Tarakan Gelar Pelatihan bagi Nasabah Mekaar

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 20/01/2022 14:55 WIB

Nasabah PNM (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani atau PNM cabang Kota Tarakan menggelar pelatihan literasi keuangan bagi nasabah yang mengikuti program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera(Mekaar), Senin (17/1/2022).

Kegiatan ini dihadiri sekitar 70 nasabah yang ada di Bumi Paguntaka – sebutan Kota Tarakan. Pemateri sendiri diisi oleh Kepala Unit BRI Kota Tarakan, Moch. Antony.

PIC Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Wilayah Kalimantan Utara, Herry Andrian mengatakan, pihaknya hendak meningkatkan kapasitas pengelolaan finansial para nasabah melalui pelatihan ini.

“Kami menginginkan mereka bisa belajar tentang pengelolaan finansial, mengelola keuangan dengan baik,” kata Herry kepada Koran Kaltara.

Pelatihan ini juga berangkat karena sebagian nasabah belum memahami seksama tentang pengelolaan keuangan. Utamanya mereka yang memiliki usaha skala mikro dan kecil.

“Sebagian besar mereka tahunya megang uang saja, tapi belum paham untuk diapakan. Kadang disimpan di bawah tilam (kasur) atau dalam lemari. Padahal kalau ditabung kan lebih aman, menjaga kehilangan atau pencurian,” paparnya.

Ia berharap ada implikasi positif dengan adanya pelatihan ini. Dimana seluruh nasabah dapat lebih baik mengelola keuangan mereka ke depan.

“Semoga dengan ilmu yang diberikan hari ini dapat dipahami dan digunakan oleh mereka. Sehingga mereka bisa mengelola keuangannya lebih baik lagi,” pungkasnya.*(korankaltara)

Artikel Terkait