Nasional

Simak! Susunan Pengurus IKA Teladan 2021-2024: Banyak Tokoh dan Pengusaha Nasional

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 20/01/2022 15:48 WIB

(Foto kiri kanan) Titiek Soeharto, Rachmad Gobel, Erick Thohir dan Heru Winarko dalam berbagai kesempatan bersama Pemimpin Redaksi Indonews.id, Asri Hadi

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri 3 Teladan Jakarta (IKA Teladan) mengumumkan susunan pengurus IKA Teladan periode 2021-2024. Para alumni yang berasal dari sejumlah tokoh besar dan pengusaha nasional masuk dalam kepengurusan. Sejumlah sosok tokoh dan pengusaha nasional masuk dalam jajaran pengurus.

Dilansir dari rilis yang diterima Indonews.id, di antara para alumni itu, ada bos Bakrie Group--Aburizal Bakrie masuk sebagai Ketua Dewan Teladan.

Kemudian di jajaran anggota Dewan Teladan juga ada nama Prof Dr. Nila Moeloek, selaku mantan Menteri Kesehatan. Guru Besar Prof. Dr. Ir. Raldi Hartono Kustur, DEA, Bagiono Djoko Sumbogo, Kepala BIN Budi Gunawan.

Kemudian ada Erick Thohir yang saat ini menjabat Menteri BUMN. Ada juga Marsekal Fajar Prasetyo yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Juga ada Adhyaksa Dault, Adhi M Sumaatmadja.

Kepala Lemhamnas Letjen Pur Agus Widjojo masuk sebagai Ketua Dewan Pembina. Sebagai Wakil Ketua Prof Miranda Goeltom. Kemudian di jajaran anggota ada putra mantan wapres Try Soetrisno, Irjen Pol Firman Shantyabudi. Kemudian ada mantan Kepala BNN Letjen Heru Winarko, Bambang Sudrajat, Mario Alisjahbana, Wiko Sofyan, Ahmad Baehaqi.

Dewan Pengawas sebagai Ketua Destri Damayanti. Wakil Ketua Harvick Hasnul Qolbi, Edhi Kuntadi. Jajaran anggota Dewan Pengawas antara lain: Ranti Kartakusuma, Tri Hanurita, Dwina Septyani.

Di jajaran Dewan Pengurus Ika Teladan diangkat sebagai Wakil Ketua Umum Boyke Subroto. Kemudian Sekjen Levi Pangeran. Ketua Sub bidang Hukum Fortuna Al Fariza.

Salah satu Alumni SMA Negeri 3 Teladan Jakarta, Asri Hadi menyampaikan ucapan Selamat kepada para tokoh yang telah diberi amanah menjadi pengurus IKA Teladan 3.

“Semoga para pengurus bisa mentransformasikan pengalaman dan ilmunya kepada adik-adik kelas dan para pengurus bisa ikut memberikan sumbangan perhatian kepada pengembangan SMA Negeri 3 Teladan sebagai salah satu aset bangsa di bidang pendidikan dalam rangka mencetak SDM handal,” ujar Asri Hadi di Jakarta, Kamis (20/1/2022)

Asri Hadi sangat mendukung kepengurusan IKA Teladan 3 yang diisi para tokoh nasional. Karena dengan tampilnya nama-nama besar setidaknya pengembangan dan pembangunan SMAN Teladan 3 lebih mendapatkan perhatian.

“Terutama dalam memberikan kontribusi agar SMAN Teladan 3 kembali menjadi institusi pendidikan yang mampu mencetak siswa berprestasi dan salah satu sekolah menengah terbaik di Indonesia,” papar Asri Hadi yang juga Dosen senior Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN).

“SMA 3 Teladan Jakarta telah melahirkan banyak tokoh penting dan berkontribusi besar pada pembangunan bangsa ini. Mereka (para alumni) ada di mana-mana, hampir setiap profesi,” tambah alumni SMA 3 Jakarta ini.

Penetapan Susunan Pengurus IKA Teladan 3 tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Umum Ikatan Alumni SMA 3 Teladan Nomor 4043/ SK/ KU-IKAD/ XII / 2021 tentang Penetapan dan Pengangkatan Dewan Pengurus, Dewan Pengawas, Dewan Pembina dan Dewan Teladan Perkumpulan Keluarga Alumni 3 Teladan Jakarta (Ika Teladan) periode 2021 – 2024.

Surat Keputusan ditandatangani Ketua Umum Rachmat Gobel dan Wakil Ketua Umum Boyke Subroto.

Rachmat Gobel terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni SMA 3 Teladan Jakarta (IKA Teladan) periode 2021-2024. Wakil Ketua DPR RI ini terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Besar (Mubes) yang diikuti perwakilan alumni SMA 3 dari berbagai angkatan.

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) III Teladan Jakarta atau biasa disingkat SMA 3 Jakarta patut diacungi jempol lantaran sukses mencetak para tokoh bangsa yang sukses di berbagai bidang yang digeluti dari masa ke masa.

Asri Hadi mengatakan bahwa SMA 3 telah banyak mencetak para tokoh penting di negeri ini. Kontribusi mereka pada negara seturut dengan profesi yang digeluti. Diantaranya Jenderal Prof Dr Budi Gunawan kepala BIN.

Penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Dwidya Sistha ini menambahkan bahwa para alumni SMA 3 Jakarta sukses mengeluti karirnya masing-masing seperti di kementerian, militer, akademisi, dokter, musisi, composer dan masih banyak lagi.

“Beberapa tokoh penting seperti Titiek Soeharto, Menteri dan Wakil Menteri Erick Thohir dan Harvick Hasnul Qolbi, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fajar Prasetyo, Wakil Ketua DPRI, Rachmat Gobel adalah alumni SMA 3 Teladan Jakarta,” tambah Pengurus Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) ini.

Selain itu, Ekonom Senior Faisal Basri dan Abiprayadi Riyanto, Mantan Kepala BNN Heru Winarko, Pegiat dan Pengusaha Ekonomi Halal Jetti R Hadi, Penyanyi Ikang Fauzi, Fariz RM, Musisi dan Komposer Adi MS dan masih banyak lainnya. Kemudian juga ada Dubes RI di Kuba Nana Yuliana juga alumni SMAN 3 Jakarta

“SMA 3 juga punya Pejudo Nasional seperti Sadik Algadri, Wartawan Senior seperti Ahmed Kurnia, Mantan Dirjen Kominfo Fredy Tulung, Akademisi seperti Prof. Chandra Wijaya, Danlanud Ngurah Rai Kol. Reza Sastranegara, Dokter Senior seperti Dokter Priyo, Dirjen di KLHK Ir. Laksmi Wijayanti,” tutur Asri Hadi yang pernah mengenyam pendidikan di Monash University Australia ini.

Tak disangka Erick Thohir yang menjadi pengusaha sukses dengan kekayaan melimpah ternyata juga alumni SMA Negeri 3 Jakarta. Bahkan sebelum ditunjuk Jokowi menjadi Menteri BUMN, Erick pernah menjadi bos klub elit Intermillan. Saat ini, selain sebagai Menteri BUMN, Erick juga menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah.

Selain Erick, alumni SMA 3 Jakarta lainnya yang masuk untuk memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Indonesia dalam kabinet Indonesia Maju adalah Harvick Hasnul Qolbi. Harvick menjabat sebagai Wakil Menteri Pertanian RI 2020-2024 Jokowi-Ma`aruf Amin Jilid II.

Berbicara tentang dunia usaha, banyak alumni SMA 3 Jakarta yang jumlahnya tak terhitung menggeluti bidang yang satu ini di antaranya adalah Aburizal Bakrie, Dewi Motik dan masih tak terhitung lainnya.

Di industri halal, SMAN 3 Jakarta telah sukses mencetak tokoh yang di kemudian hari menjadi Pegiat dan Pengusaha yang gigih memperjuangkan ekonomi halal seperti Ibu Jetti R Hadi. Atas kegigihannya, Ibu Jetti R. Hadi diganjar penghargaan sebagai Tokoh Penggiat Ekonomi Halal oleh Bank Indonesia.

Sementara para alumni yang berkiprah di jalur militer juga banyak. Sebut saja di antaranya Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fajar Prasetyo. Jabatan ini tentu saja jabatan puncak di TNI angkatan Udara.

Selain itu, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani saat ini menjabat sebagai Direktur Latihan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia (Dirlat Kodiklat TNI) dan Kolonel Pnb. Reza Ranesa Rashid Sastranegara, S.Sos, dipercayakan menjabat sebagai Komandan Landasan Udara (DanLanud) I Gusti Ngurah Rai.

Pejudo Nasional, Sadik Algadri bersama Pemred Indonews.id Asri Hadi berfoto di depan plang Indonews.id

Selain di militer, alumni SMA 3 Jakarta juga banyak yang berkarir di kepolisian seperti Mantan Kepala BNN Komjen Polisi Heru Winarko. Ketika dilantik Presiden Jokowi menjadi Kepala BNN, ia menunjukkan komitmentnya dalam membantu negara memberatas kejahatan narkoba.

Berikutnya adalah Brigjen Polisi Roma Hutajulu, SIK. Sebelum menjabat Kepala Biro Pembinaan Operasi (Karo Binops) Sops Polri, ia menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Metro Jaya.

Selanjutnya adalah anak mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno, Irjen Pol. Firman Shantyabudi yang dipercayakan menjabat sebagai Asisten Logistik Kapolri.

Di bidang ekonomi, beberapa nama beken merupakan alumni SMA3 Jakarta seperti ekonom senior Faisal Basri yang sering dikutip media. Lalu ada Abiprayadi Riyanto yang karir di dunia perbankan cukup mengesankan.

Terbaru, Menteri Keuangan Sri Mulyani menunjuk tiga (3) alumni SMA 3 Teladan Jakarta sekeligus untuk menduduki posisi puncak sebagai Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (Indonesia Investment Authority/INA) yang merupakan lembaga pengelola investasi dana abadi atau Sovereign wealth Fund/SWF) di Tanah Air.

Mereka adalah Yozua Makes, Darwin Cyril Noerhadi, dan Haryanto Sahari. Ketiganya tercatat sebagai alumni SMA 3 Teladan Jakarta. Yozua Makes dan Darwin Cyril Noerhadi merupakan angkatan 79 semantara Haryanto Sahari angkatan 74.

Di bidang lingkungan hidup, salah satu alumni SMAN 3 Jakarta dilantik Menteri KLHK Siti Nurbaya melantik Ir. Laksmi Wijayanti, MCP sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) yaitu Inspektur Jenderal KLHK, dan lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) lingkup KLHK.

Alumni SMA Negeri 3 juga ada yang berkarir di Kantor Kementrian PUPR. Beliau adalah Ir. Baby Setiawati Dipokusumo, M.Si, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat.

Di bidang kesehatan, SMA 3 juga banyak mencetak para dokter-dokter hebat salah satunya adalah Dokter Priyo. Di dunia pendidikan, banyak alumni yang menduduki posisi pentin, salah satunya adalah Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si, MM yang terpilih menjadi Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) periode 2020 – 2024.

Dalam seni musik, ada nama beken seperti Ikang Fauzi, Krisdayanti, komposer terkenal Adi MS, Fariz RM dan masih banyak lainnya. Sementara di dunia seni akting, nama-nama kesohor seperti Sophia Latjuba, Baim Wong, Nikita Willya dan masih banyak lainnya merupakan alumni SMA 3.

Alumni SMA Negeri 3 Jakarta yang berkarir Sebagai Artis dan Musisi sebagaimana dilansir dari Wikipedia diantaranya : Ikang Fawzi, Fariz RM, Daniel Sahuleka, Harry De Fretes, Donny Damara.

Kemudian Anya Dwinov, Nikita Willy, Krisdayanti, Memes, Inzalna Balqis, Addie MS, Wanda Hamidah, Raffi Ahmad, Ayushita, Baim Wong, Yoris Marzuki, Tania Putri, Novia Kolopaking, Sophia Latjuba, Sys NS, Andi Buchari, Radistya Nabila, Adhitya Putri.

Lalu ada Denada, Peggy Melati Sukma, Sharon Jessica, Charles Bonar Sirait, Dhea Annisa, Andania Suri, Ai Silitonga, Tia Ivanka/Artia Siregar, Victor Lengkong, Dewi Bening

Kemudian ada Shirley Malinton, Ita Mustafa, Dina Lorenza, Joko Nugroho, Arie Aziz, Anya Dwinovitasari, Andakara Prastawa Dhyaksa, Obiet Mantovani, Praba Rausanfikra Karana

Purnomo Prawiro, Indra Jakile, Deddy Dhukun, James F Sundah, Raidy Noor, Adjie Soetama, Rocky Putiray, Julius Sitanggang, Vivi Samodro.

Loading...

Artikel Terkait