Nasional

Film Pertunjukan Musik White Shoes And The Couples Company 2020

Oleh : luska - Jum'at, 21/01/2022 15:54 WIB

Pemutaran film dan pertunjukan White Shoes And The Couples Company. Foto: Dhevi Sarwendah

Jakarta, INDONEWS.ID - Film live performance White Shoes And The Couples Company bertajuk “2020” karya sutradara Dibyokusumo Hadipamenang ditayangkan pertama kali di bioskop XXI Epicentrum, Jakarta pada 20 Januari 2022. Pemutaran ini kemudian diikuti dengan pertunjukan musik langsung dari White Shoes And The Couples Company.

White Shoes And The Couples Company adalah kelompok musik dari Jakarta yang membawakan musik Pop Indonesia. Terbentuk pada 2002 semasa berkuliah di Institut Kesenian Jakarta, White Shoes And The Couples Company merupakan salah satu eksponen terdepan dari gelombang musik pop independen Indonesia pada era 2000an. Mereka telah merilis sejumlah karya rekaman dan mengadakan pertunjukan-pertunjukan istimewa, termasuk telah bermain di lima benua. 

Album terakhir White Shoes And The Couples Company, “2020” yang dirilis pada Desember 2020, telah diedarkan dalam format CD kemasan ekslusif dan regular, juga piringan hitam. Promotor hiburan dan musik Plainsong Live kemudian mengundang White Shoes And The Couples Company untuk berkolaborasi memproduksi karya film yang menceritakan album “2020” secara sinematik. 

Ide ini selaras dengan konsep album “2020” yang memiliki kedekatan dengan unsur-unsur sinema. Seluruh lagu di album ini diciptakan untuk musik latar adegan-adegan film yang belum pernah dibuat sebelumnya. Album “2020” merupakan eksplorasi White Shoes And The Couples Company dalam penciptaan musik pop sinematik yang dipadukan dengan pembuatan lirik tentang kehidupan urban berdasarkan pengalaman hidup mereka di kota Jakarta. 

Dibyokusumo Hadipamenang didapuk menjadi penulis sekaligus sutradara film ini. Dibyo adalah sutradara video yang pernah bekerja sama dengan sejumlah musisi/band seperti Santa Monica, Adrian Adioetomo, The Brandals, RAN, dan Maliq & d’Essentials.

Selain menghadirkan detail-detail suasana kota Jakarta, wawancara, dan tentunya live performance White Shoes And The Couples Company di berbagai lokasi dengan desain pertunjukannya masing-masing (mulai dari pilihan arahan seni, fashion, hingga aksi pertunjukan), film ini juga menampilkan aktris Asmara Abigail yang berperan sebagai penari yang berimajinasi bersama alunan lagu dan kisah dalam album rekaman White Shoes And The Couples Company, “2020”. 

Film “2020” dengan indahnya memadukan pertunjukan musik langsung, dokumenter, dan fiksi. Terlebih diputar di ruang bioskop, sound yang diperdengarkan menjadi sangat memanjakan telinga.   

Berduarasi 42 menit, film live performance White Shoes And The Couples Company, “2020” rencana ke depannya akan ditayangkan terbatas di ruang-ruang pemutaran pilihan. (Harlan Boer)

TAGS : Musik

Artikel Terkait