Nasional

Fasilitasi UMKM Mahasiswa Goes Digital, Bhinneka dan LSPR Communication & Business Institute Luncurkan Lokapasar LSPR Plaza

Oleh : very - Sabtu, 22/01/2022 10:50 WIB

Bhinneka dalam kerja sama dengan LSPR Communication & Business Intitute untuk lokapasar LSPR Plaza (LSPRplaza.bhinneka.com), beserta layanan e-Procurement di tataran korporasi. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Digitalisasi UMKM dan upaya memfasilitasi para pelakunya untuk memasuki pasar ekonomi formal yang lebih luas, baik ke sektor korporasi (B2B) maupun pemerintah (B2G), merupakan salah satu solusi membangkitkan perekonomian Indonesia.

Semangat ini pula yang terus diusung oleh Bhinneka sebagai business super ecosystem di tahun 2022 dalam kolaborasinya dengan berbagai mitra, termasuk perguruan tinggi untuk mewadahi UMKM-UMKM mahasiswa.

Tercatat sepanjang 2021, Merchant UMKM Bhinneka secara keseluruhan bertumbuh (YoY) mencapai lebih dari 45 persen.

Setelah menghadirkan Campus Marketplace, platform UMKM khusus bagi civitas academica di enam perguruan tinggi berbagai kota Indonesia (Jakarta, Cikarang, Yogyakarta, Bandung, dan Sidoarjo) sepanjang 2021, Bhinneka mengawali 2022 mengukuhkan kerja sama dengan LSPR Communication & Business Intitute untuk lokapasar LSPR Plaza (LSPRplaza.bhinneka.com), beserta layanan e-Procurement di tataran korporasi.

LSPR Plaza pada awalnya dihadirkan di lingkungan Faculty of Business (Fakultas Bisnis) LSPR Communication & Business Institute untuk berbagai tujuan sekaligus. Selain menjadi platform yang menampilkan produk UMKM mahasiswa dan keluarga besar LSPR Communication & Business Institute, LSPR Plaza turut menjadi pusat praktik kewirausahaan bagi para mahasiswa demi menghadapi tantangan pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air.

Founder and CEO LSPR Communication and Business Institute, Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, mengatakan, LSPR Plaza ini tidak hanya terbatas untuk lingkungan LSPR saja.

“Keberadaan LSPR Plaza juga terbuka luas untuk diakses oleh masyarakat umum dan sahabat di luar LSPR apabila ingin membeli produk-produk yang ditampilkan dalam website LSPR Plaza.Bhinneka.com. Diharapkan LSPR Plaza ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk belajar, melakukan networking dan juga menjadi kajian akademik seputar kewirausahaan di lingkungan kampus LSPR,” ujar Prita.

Sementara itu, Chief of Commercial and Omni Channel Bhinneka, Vensia Tjhin, mengatakan dorongan agar para pelaku UMKM bertransformasi digital makin relevan, terlebih setelah apa yang disaksikan dan dialami hampir dua tahun terakhir.

“Karena ini pula, Bhinneka sangat bangga dapat berkolaborasi untuk LSPR Plaza, bersinergi dalam kesamaan visi untuk memfasilitasi seluruh keluarga besar LSPR Communication & Business Institute melalui platform Bhinneka,” ujarnya.

(Acara penandatanganan. (Foto: Ist)

Dari kolaborasi ini, Bhinneka menghadirkan teknologi platform lokapasar yang zero investment agar dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya demi pembinaan, pengembangan, maupun pendampingan UMKM mahasiswa serta civitas academica LSPR Communication & Business Institute, termasuk para dosen dan staf, alumni, hingga ke lingkar keluarga serta UMKM binaan kampus, baik sebagai penjual maupun pembeli.

“LSPRplaza.bhinneka.com bisa dimanfaatkan seluruh civitas academica untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, hingga kebutuhan sehari-hari. Bahkan tidak hanya itu, UMKM mahasiswa yang sudah dikurasi tim Bhinneka juga berpeluang bisa berjualan di platform Bhinneka, dan masuk ke market korporasi,” lanjut Vensia.

Adapun kolaborasi ini diresmikan melalui penandatangan kerja sama antara Bhinneka dan LSPR Communication & Business Institute yang diwakili oleh Dean of Business Faculty, Yuliana R Prasetyawati secara luring di Jakarta pada Jumat (21/1).

Kehadiran Campus Marketplace lsprplaza.bhinnekacom akan menjadi bagian dari ekosistem kewirausahaan di Fakultas Bisnis LSPR dalam menyiapkan mahasiswa menjadi profesional yang siap pakai  di industri serta memiliki kemampuan membangun usaha bisnis berbasis digital. Campus Marketplace LSPR Plaza.bhinneka.com juga akan menjadi fasilitas bagi seluruh keluarga besar LSPR dan UMKM binaan dalam membangun usaha bisnisnya.

Hal ini, kata Yuliana R. Prasetyawati, Dekan Fakultas Bisnis dan Wakil Ketua LSPR Plaza, sejalan dengan visi LSPR sebagai Entrepreneurial University. Sementara itu, LSPRplaza.bhinneka.com sudah diperkenalkan terlebih dahulu kepada ratusan mahasiswa LSPR Communication & Business Institute, yang dirangkai dengan webinar bertajuk “Manajemen Strategi Bisnis di Era Digital” pada beberapa pekan sebelumnya (7/1).

Webinar diisi oleh tim LabInc dan Merchant Acquisition Bhinneka. Untuk melihat berbagai produk unggulan dari UMKM mahasiswa LSPR Communication & Business Institute, dapat diakses melalui LSPRplaza.bhinneka.com. ***

Artikel Terkait