Nasional

Jadi Jenderal Bintang 3, Pemred Asri Hadi Ucapkan Selamat untuk Letjen Afini Boer

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 25/01/2022 21:01 WIB

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman menaikkan pangkat 23 perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang berlangsung di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemimpin Redaksi Media Indonews.id, Drs. Asri Hadi, MA menyampaikan ucapan selamat kepada Afini Boer atas kenaikan pangkat kepada Mayor Jenderal (Mayjend). Kini, Afini Boer menjadi letnan jenderal (letjen) atau jenderal bintang tiga.

"Mewakili jajaran Redaksi media Indonews.id, saya mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat Afini Boer menjadi Letjend TNI AD. Semoga tambah sukses dan amanah," kata Asri Hadi, seorang dosen senior di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu di Jakarta, Selasa (25/1/22).

Diketahui sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman menaikkan pangkat 23 perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang berlangsung di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Dari 23 Pati yang mendapatkan kenaikkan pangkat, tiga di antaranya naik satu tingkat yakni dari mayor jenderal (mayjen) menjadi letnan jenderal (letjen) atau jenderal bintang tiga.

Ketiganya yakni Koordinator Staf Ahli KSAD Letjen Afni Boer, mantan Pangdam Jaya yang kini menjabat Sesmenko Polhukam Letjen Mulyo Aji dan Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI Letjen Bambang Ismawan.

"Sementara sembilan orang lainnya naik pangkat menjadi bintang dua (mayjen)," demikian keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad), Selasa sore.

Profil Letjen Afini Boer

Letnan Jenderal TNI Afini Boer adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak 6 Desember 2021 mengemban amanat sebagai Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat.

Afini Boer, merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 dan mahir dalam bidang Perhubungan. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Staf Ahli Bidang Ideologi Dan Politik BIN.

Afini Boer pernah menjadi Kasubdit Pengamanan Jaringan Dit. Mayantara Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN.

Kemudian, pada 2014 menjadi Direktur Monitoring Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN. Pernah juga menjabat sebagai Direktur Rekayasa pada Deputi V BIN.

Menjadi Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN pada 2019 hingga 2021. Seterusnya menjadi Staf Ahli Bidang Ideologi Dan Politik BIN 2021 dan menjadi Koorsahli Kasad sejak 2021 hingga Sekarang.

Sebagai tambahan informasi,  sebanyak sembila pati lainnya yang kini naik pangkat menjadi mayjen, yakni Mayjen Aribowo Teguh Santoso, Mayjen Priyanto, dan Mayjen Joko Purwo Putranto.

Selanjutnya, Mayjen Slamet Sarwo Edy, Mayjen Tandyo Budi Revita, Mayjen Legowo WR Jatmiko, Mayjen Bambang Supardi, Mayjen Mochammad Hasan dan Mayjen TNI Agus Yunianto.

Sedangkan 11 pati yang naik pangkat dari kolonel menjadi brigadir jenderal (brigjen) atau bintang satu, yaitu Brigjen Bosco Haryo Yunanto, Brigjen Novi Herianto, Brigjen Zainal Muhtar, Brigjen Mu’tamar, Brigjen Yustinus Nono Yulianto, dan Brigjen TNI Wakhyono.

Kemudian, Brigjen Prihati Pujowaskito, Brigjen Agus Erwan, Brigjen Erdy Jammy Lumintang, Brigjen I Gede Widiyana, dan Brigjen Lalu Rudy I Srigede.

Dalam kesempatan tersebut, Dudung mengucapkan selamat kepada para pati yang naik pangkat.

Dia berharap kenaikkan pangkat tersebut dapat menjadi momentum untuk semakin meningkatkan motivasi para perwira dalam pengabdiannya kepada TNI AD, bangsa dan negara.

Di samping itu, Dudung mengingatkan kepada pati yang berdinas di luar struktur TNI AD agar bekerja dengan baik dan penuh semangat, serta menjaga dan meningkatkan nama baik institusi TNI AD karena keberadaannya merupakan duta dan representasi prajurit terbaik di TNI AD.*

Artikel Terkait