Nasional

Tebar Spirit Kebangsaan, Anies: Jakarta Tempat Kumpul Seluruh Unsur Bangsa, Kesetaraan dan Keadilan Penting

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 28/01/2022 08:56 WIB

Pemred Indonews.id Asri Hadi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saling menyapa dalam sebuah acara (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Jakarta sebagai Ibu Kota adalah tempat berkumpulnya seluruh unsur bangsa. Sehingga, kesetaraan dan keadilan menjadi hal yang sangat penting.

Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam akun Youtube Pemprov DKI Jakarta dikutip, Jumat (28/1/2022).

"Kota ini menjadi kota kumpulnya seluruh unsur bangsa karena itu kenapa kesetaraan jadi penting, kenapa keadilan jadi penting, karena semua yang datang ke kota ini harus mendapatkan itu. Nah ini yang saya ingin garisbawahi bagaimana mengaturnya ke depan mungkin bisa bahas bersama," ujar Anies.

Anies menyebut bahwa di Jakarta saat ini banyak ruang yang dapat dimanfaatkan. Terutama penguatan sosial, budaya, dan peradaban.

"Jadi sebenarnya dari sisi kita banyak ruang yang harus kita manfaatkan. Lalu di Jakarta ini kita punya keinginan juga agar simpul sosial, budaya, peradaban yang terbangun di kota ini bisa dijaga dan diperkuat," ucapnya.

Lebih lanjut, menurutnya simpul di Jakarta terbilang baru. Sebab, pusat perekonomian nusantara pada tahun 40an berpusat di Surabaya, Jawa Timur.

"Jadi berbicara tentang Jakarta sesungguhnya simpul ini harus dibangun. Simpul ini relatif baru kalau dalam sejarah Jakarta 500 tahun itu. Sampai tahun 40-an pusat perekonomian nusantara ini di Surabaya karena itu pelabuhan terbesar di Asia Tenggara sampai dengan krisis resesi itu adalah Surabaya," ujar dia.

"Kita lihat semua jalur Kereta Api ke arah timur karena logistik kemana mana lewat Surabaya lebih besar dari Singapur lebih besar dari Malaka apalagi Priok," imbuh mantan Mendikbud itu.*

Artikel Terkait