Nasional

Raih Gelar Doktor Hukum, Pemred Asri Hadi Ucapkan Selamat kepada Kolonel Eko Nursanto

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 22/02/2022 16:10 WIB

Kolonel Eko Nursanto perpose bersama keluarga usai sidang terbuka promosi doktoral di Ruang Seminar Lantai 5 Univeristas Jayabaya, Selasa (22/2/22)

Jakarta, INDONEWS.ID - Universitas Jayabaya menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Hukum dengan promovendus atas nama Eko Nursanto pada Selasa, 22 Februari 2022.

Sidang yang digelar di Ruang Seminar Lantai 5 Univeristas Jayabaya Jl. Pulomas Selatan Kav.23 Jakarta itu dihadiri oleh Rektor Universitas Jayabaya yang bertindak sebagai Ketua Sidang Prof. H. Amir Santoso, M. Soc, Sc, Ph.D dan sebagai pengawas sidang Prof. Dr. H. Abdul Manan, SH., S.IP, M.Hum.

Adapun anggota penguji antara lain Prof. Dr. H. Fauzie Yusuf Hasibuan, SH., M. Hum., Prof. Dr. Idzan Fautanu, MA., Dr. Atma Suganda, SH,MH., Dr. Maryano, SH, MH. CN., Dr. Ismail, SH, MH., Dr. Mulyono, SH, MH., Dr. Nardiman, SH, MH.

Dalam sidang yang berlangsung selama dua jam mulai pukul 13.00 WIB itu, Eko Nursanto mempertanggung jawabkan hasil penelitiannya dengan judul disertasi "Tindak Pidana Bidang Perikanan oleh Kapal Ikan Asing (KIA) di Perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) Dalam Menjaga Kedaulatan Negara".

Eko Nursanto yang menjabat sebagai Kepala Pembekalan dan Angkutan Kodam Cendrawasih (Kabekangdam XVII) itu sukses menjalankan sidang terbuka dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Secara terpisah, ketika dimintai tanggapannya, pemimpin redaksi Indonews.id, Drs. Asri Hadi, MA menyampaikan selamat kepada Kolonel Cba NRP Dr. Eko Nursanto, S.H., M.H yang sukses meraih gelar doktoral.

"Selamat kepada Kolonel Cba NRP Dr. Eko Nursanto atas gelar doktor yang baru diraihnya ini. Semoga ilmu yang didapatnya bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," kata Asri Hadi selaku Bendara Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) ini.

Dosen Senior Institut Pemerintahaan Dalam Negeri (IPDN) itu mengatakan disertasi yang dipaparkan Kolonel Eko Nursanto sangat relevan dengan bidang yang digelutinya selama ini.

"Penelitiannya sangat kontekstual dan relevan dengan apa yang tengah dihadapi bangsa ini. Sehingga, saya berharap apa yang menjadi masukannya melalui hasil analisa akademis ini dapat menjadi acuan bagi pengambil kebijakan," kata Asri Hadi.

Sosok Eko Nursanto

Kolonel Eko Nursanto merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1994. Saat ini menjabat sebagai Kepala Pembekalan dan Angkutan Kodam Cendrawasih (Kabekangdam XVII).

Kolonel Eko tercatat menyelesaikan pendidikan Sekolah Angkatan Laut (Seskoal) pada 2010. Pria yang meraih pangkat Letda pada 1994 ini merampungkan pendidikan S1 dan S2 masing-masing pada 2002 dan 2014.

Sejumlah jabatan penting pernah diraih pria yang digelari pangkat kolonel pada 2017 ini. Antara lain pernah menjadi Wadan Denbekang Paspampres. Ia juga tercatat pernah menjabat Dan Satang Denma Mabes TNI.

Pada 2020 lalu, ayah tiga orang anak buah dari pernikahannya dengan Ari Rahmayanti ini dipercayakan sebagai Pamen Staff Khusus Panglima TNI. Terakhir ia menjabat sebabagi Kabekangdam XVII/Cendrawasih.*

Loading...

Artikel Terkait