Nasional

Barang Langka, Harga Naik, Tapi Kepuasan Publik Meroket, RR: Lagi Berpikir Apa Ada Teori Ekonomi Baru?

Oleh : very - Kamis, 24/02/2022 11:59 WIB

Ekonom Senior, Dr Rizal Ramli. (Foto: Instagram Rizal Ramli)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Akhir-akhir ini masyarakat merasakan stok barang di pasar semakin langka. Selain langkah, harga barang tersebut juga terus merangkak naik. Hal tersebut sangat memberatkan mereka di tengah daya beli yang terus merosot, salah satunya akibat pengangguran.

Ironisnya, di tengah hal-hal yang dialami masyarakat tersebut, survei menunjukkan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo malah terus meroket. Kepuasan masyarakat bahkan melebihi angka 70 persen.

Menyikapi hal ini, ekonom senior, Dr Rizal Ramli menyebutkan bahwa telah terjadi fenomena ekonomi baru di Indonesia. Karena itu, dia berpikir keras apakah ada sebuah teori ekonomi baru yang terjadi di Indonesia. Pasalnya, ada paradoks antara kondisi ekonomi yang dihadapi masyarakat dengan perasaan yang mereka rasakan.

“Lagi mikir-mikir apa ada teori ekonomi baru. Harga-harga naik, daya beli merosot, dan pengangguran naik, tapi kepuasan malah naik,” ujarnya melalui akun media sosial pribadi, yang dipantau Kamis (24/2).

Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur ini mengatakan semoga hal tersebut terjadi bukan karena adanya aksi PolsteRp atau para BuzzeRP.

“Eh SurveyRp yang dilakukan oleh rombongan dagelan PollsteRp, hentikanlah manipulasi opini publik berbayar itu?” pungkasnya. ***

Artikel Terkait