Daerah

Kronologi Pesawat Pilatus Smart Tabrak Permukiman Warga di Papua

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 26/02/2022 15:50 WIB

Pesawat jenis Pilatus Smart PK - SNB tergelincirnya di Lapangan Terbang Perintis Kampung Bayabiru Distrik Bayabiru, Kabupaten Paniai, Papua, Sabtu, 26 Pebruari 2022.

Jakarta, INDONEWS.ID - Pesawat jenis Pilatus Smart PK - SNB tergelincirnya di Lapangan Terbang Perintis Kampung Bayabiru Distrik Bayabiru, Kabupaten Paniai, Papua, Sabtu, 26 Pebruari 2022.

Pesawat yang dipiloti Kapten Pilot David Alonso dan Kapten Febrian Sahetapi terbang dari Bandara Nabire dengan membawa 4 orang penumpang.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, sekitar pukul 10:10 WIT, Pesawat Pilatus Smart PK - SNB dari Bandara Nabire dengan membawa 4 orang penumpang yakni Niko, Bongga, Derika dan Arjuni dan barang bawaan, landing di Lapter Bayabiru.

“Ketika sedang landing tiba - tiba pesawat tergelincir dan ban kanan pesawat masuk parit, serta baling - baling pesawat depan menabrak permukiman penduduk yang berada di sekitar Lapangan Terbang. Akibat kecelakaan tergelincirnya pesawat Pilatus tersebut tidak terdapat korban jiwa, baik yang luka - luka maupun meninggal dunia,” jelas Kamal.

Kamal lebih lanjut menjelaskan dugaan penyebab terjadinya kecelakaan tergelincirnya pesawat Pilatus tersebut.

Menurutnya, hal ini dikarenakan kondisi landasan Lapangan Terbang yang saat itu licin karena hujan dan juga landasan tidak rata karena terletak dengan posisi menanjak.

“Kasus Pesawat tergelincir tersebut sudah di Tangani oleh Sat Reskrim Polres Paniai,” kata Kamal

“Tim saat ini telah melakukan evakuasi terhadap para crew pesawat termasuk 4 (empat) orang penumpang serta barang bawaan. Dan untuk saat ini 2 pilot Pesawat Pilatus PK - SNB an. Capt. David Alonso dan Capt. Febrian telah dijemput dengan menggunakan Helikopter dari Baya Biru dengan tujuan Nabire,” kata Kamal.*

Artikel Terkait