Nasional

Dubes Heri Akhmadi Promosikan Destinasi Wisata NTT kepada Friends of Indonesia di Jepang

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 11/03/2022 11:52 WIB

Duta Besar (Dubes) RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi menerima kunjungan Direktur iZoo Zoological Park, Shirawa Tsuyoshi dan friends of Indonesia lainnya dalam acara Indonesia Day @East Nusa Tenggara di KBRI Tokyo pada Kamis, 10 Maret 2022.

Tokyo, INDONEWS.ID - Duta Besar (Dubes) RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi menerima kunjungan Direktur iZoo Zoological Park, Shirawa Tsuyoshi dan friends of Indonesia lainnya dalam acara Indonesia Day @East Nusa Tenggara di KBRI Tokyo pada Kamis, 10 Maret 2022. iZoo Zoological Park adalah kebun binatang khusus reptil di Prefektur Shizuoka.

Kegiatan ini selain mempromosikan destinasi wisata super prioritas juga dimaksudkan untuk memperkuat kemitraan antara Jepang dan Indonesia, terutama dalam mempromosikan konservasi satwa liar asli Indonesia yang dilindungi dan bahkan terancam punah seperti Komodo.

Dubes Heri dalam sambutannya menyampaikan apresasi kepada semua pihak di Jepang yang selama ini turut mempromosikan budaya, keindahan alam dan keanekaragaman hayati Indonesia khususnya Komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Terima kasih kepada Bapak Shirawa yang secara khusus mendukung upaya memperkuat kerja sama antara Jepang dan Indonesia dalam mempromosikan konservasi satwa liar asli Indonesia yang dilindungi seperti Komodo. Semoga ke depan masyarakat Jepang dapat menikmati langsung eksotisme Komodo di habitat aslinya serta mengalami keunikan budaya Nusa Tenggara Timur dengan masyarakatnya yang ramah dan bersahabat,” ujar Dubes Heri yang didampingi Wakil Duta Besar Tri Purnajaya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) Meinarti Fauzie, Atase Kehutanan Zahrul Muttaqin dan sejumlah pejabat KBRI lainnya.

Dubes Heri dalam kesempatan itu menyinggung bahwa Labuan Bajo menjadi tempat pertemuan KTT G20 sepanjang Juni hingga September 2022 dan mengundang pengelola kebun binatang Jepang untuk datang ke Indonesia untuk berwisata sekaligus meningkatkan kerja sama lebih erat dengan kebun binatang di Indonesia.

Sementara itu Direktur iZoo Zoological Park, Shirawa Tsuyoshi mengapresiasi upaya KBRI Tokyo dalam mempromosikan kekayaan pariwisata Indonesia di Jepang. Ia berharap adanya kerja sama erat antara Indonesia dengan Jepang agar masyarakat Jepang lebih mengetahui keanekaragaman wisata di Indonesia khususnya Komodo di Taman Nasional Komodo NTT.

Shirawa Tsuyoshi dan tamu undangan nampak antusias melihat wastra nusantara berupa tenun ikat Flores dan alat tenun yang dipamerkan di KBRI Tokyo serta menyaksikan pemutaran video promosi wisata NTT.

Usai acara Dubes Heri menjamu Shirawa Tsuyoshi dengan kopi asli NTT dan makanan jajanan pasar. Dalam kesempatan itu Dubes Heri juga memberikan kenang-kenangan berupa buku pariwisata Indonesia, kopi Manggarai, teh dan masker tenun NTT kepada tamu undangan. Kegiatan promosi pariwisata ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Artikel Terkait