Gaya Hidup

Kuliner di Pasar Minggu-Jakarta Selatan, Usung Brand Baru `Kembali Ke Rumah Sarwono`

Oleh : very - Kamis, 24/03/2022 11:14 WIB

Brand baru `Kembali Ke Rumah Sarwono` yang terletak di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Foto: Intagram)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Siapa yang tidak kenal dengan Rumah Sarwono? Rumah yang terletak di jalan utama, Jalan Raya Pasar Minggu itu menjadi salah satu akses yang ramai dilalui banyak orang.

Jalan ini merupakan akses utama menuju kawasan Depok, Jawa Barat, dan kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Ketika Pak Sarwono – sang empunya rumah - masih hidup, keluarga tersebut masih menetap di kawasan ini. Namun sepeninggal almarhum, rumah tersebut menjadi salah satu unit usaha milik keluarga Sarwono.

Lahannya yang luas menjadikan unit usaha yang kemudian dikenal dengan sebutan “Rumah Sarwono” ini bisa disewakan orang sebagai tempat untuk menggelar pesta pernikahan (wedding venue) atau acara lainnya. Sempat juga di rumah ini dibuka rumah makan dengan konsep "Makan Seperti di Rumah Bunda", yaitu makan sepuasnya dengan cukup membayar Rp25 ribu. Terakhir, selama masa pandemi Covid-19, bekerja sama dengan Kapolsek Pasar Minggu, lokasi itu menjadi tempat vaksinasi.

(Salah satu lokasi di KKRS. Foto: Instagram)

Mengingat letaknya yang sangat strategis, membuat tiga sekawan: Hendry, Julio dan Ari Mone, tertarik dan akhirnya jatuh hati untuk menggandeng Rumah Sarwono menjadi partner bisnis mereka.

"Siapa yang tidak kenal Rumah Sarwono? Selama ini dikenal dengan konsep bisnis yang menawarkan tempat yang kuat dengan nilai budaya," ujar Hendry dalam perbincangan dengan indonews.id/, di Jakarta, Rabu (23/3).

Namun bukan hanya karena letaknya yang strategis, Rumah Sarwono juga bernilai sejarah dan penuh dengan nuasa budaya. Rumah Joglo salah satunya. Selain itu ada banyak ornamen yang menghiasi rumah itu. Memasuki kawasan ini Anda langsung disambut dengan bunyi gemerincing bambu dan  besi ketika ditiup angin.

(Foto: Instagram)

Hendry mengatakan bersama kedua rekannya mereka sepakat untuk memasukan unsur modernitas dalam bisnis tersebut. "Karena itu kami menambah unsur modernitas dalam bisnis tersebut misalnya dengan menempatkan bar di bagian tengah lokasi. Karena itu pula kami tetap membiarkan bangunan berbentuk joglo yang terdapat di sana. Kami memadukan unsur modernitas dengan unsur budaya yang menjadi kekuatan Rumah Sarwono," katanya.

Selain itu dalam hal menu pihaknya memadukan menu moderen, seperti aneka steak, dan menu yang sudah lama dikenal masyarakat khususnya Jawa Barat yaitu Sate Maringgi.

“Kembali Ke Rumah Sarwono” juga menjadi tempat nongkrong di wilayah Jakarta Selatan, khususnya di kawasan Pasar Minggu. Di sana disiapkan aneka kopi dengan berbagai rasa, mulai dari yang soft hingga strong, teh dan tentu juga ada aneka snack.

 

(Foto: Instagram)

 

Bisnis di Era Pandemi

Berdiskusi dengan pemilik rumah, Rio Sarwono dan Dani Sarwono, mereka pun sepakat untuk memberi brand baru pada unit usaha tersebut menjadi “Kembali Ke Rumah Sarwono atau KKRS”.

Brand baru tersebut, kata Hendry, menjadi salah satu kekuatan dalam menjalankan usaha, apalagi di era pandemi Covid-19 seperti saat ini.  

Pandemi memang meluluhlantakkan berbagai bisnis. Mulai dari bisnis kelas atas hingga UMKM bertumbangan. Bisnis penerbangan, perjalanan, perhotelan dan kuliner paling terdampak pandemi. Hanya ada beberapa bisnis saja yang masih meraih bahkan mendulang cuan antara lain bisnis komunikasi dan kesehatan.

(Di salah satu ruangan di KKRS. Foto: Instagram)

Perlahan tapi pasti, kondisi ini berlalu. Seiring dengan kemampuan pemerintah dan kesadaran masyarakat untuk terus mentaati protokol kesehatan kita akan menjalani era normal kehidupan baru (new normal). Karena itu, kita bisa menyaksikan berbagai bisnis mulai tumbuh, seperti bisnis kuliner.

Walaupun perlahan bangkit, namun Hendry mengatakan pihaknya tidak jor-joran dulu berinvestasi. "Kami masih wait and see saat ini semoga keadaannya terus membaik," ujarnya.

Namun, katanya, acara soft launching KKRS yang berlangsung pada Sabtu (12/3) lalu cukup menggembirakan. Ada cukup banyak tamu yang memenuhi undangan.

Karena itu pihaknya masih menunggu waktu yang tepat untuk melakukan hard launching. "Ini kita lagi menunggu waktu yang tepat karena sebentar lagi ada pembukaan puasa bagi umat Islam. Karena itu, kami akan mencari waktu yang baik sambil tetap terus melakukan pembenahan di sana-sini," ujarnya.

 

(Waiters KKRS. Foto: Indonews.id)

 

Gandeng Anak Muda Berbakat

“Kembali Ke Rumah Sarwono” (KKRS) merupakan salah satu unit bisnis dari usaha milik keluaga Rio Sarwono bersaudara. Unit Usaha ini bergabung dibawa nama “Joglo Group”. Sebagian besar unit usahanya bergerak di sektor wisata kuliner seperti Restoran Warung Solo, Joglo Beer, Joglo Kopi, Balai Sarwono, Sare Suites, Rumah Sarwono (yang sekarang berubah brand menjadi Kembali Ke Rumah Sarwono) hingga Nampan Bistro.

Bisnisnya sebagian besar berada di kawasan Jakarta Selatan yaitu di Jalan Madrasah, nomor 14, Jeruk Purut, Kemang. Ada juga di Bogor, yaitu di Jalan Padjajaran Bogor dan di Solo, Jawa Tengah.

Rio Sarwono dalam perbincangan di KKRS kemarin mengatakan bahwa pihaknya menggandeng anak muda berbakat dalam bisnis tersebut.

“Kebetulan ada juga yang rumahnya di dekat Rumah Saya (salah satu rumah milik Pak Sarwono di Gang Arab, Pasar Minggu). Jadi mereka semua yang merancang dan menggerakkan unit usaha ini. Semoga unit usaha baru ini berjalan lancar dan maju,” ujarnya saat berbincang bersama Pemimpin Redaksi, INDONEWS.ID, Asri Hadi, Rabu (23/3). Dalam pertemuan itu, Asri Hadi sempat menikmati nasi goreng khas KKRS.

(Salah satu spot untuk foto di KKRS. Foto: Instagram)

Hendry melanjutkan bahwa dia bersama kedua temannya menjadi operator dari usaha tersebut. "Boleh dikatakan bahwa kami bertiga (Hendry cs) adalah operator dari kerja sama ini. Dan Pak Rio hanya menyediakan tempat. Kami bertiga yang menyeting tempat ini. Jadi kami harus keluarkan dana untuk mengubah tempat ini termasuk memberi peralatan masak," ujarnya.

Unit bisnis ini mempekerjakan sekitar 40 karyawan. "Kami buka mulai dari pukul 09.00 dan baru tutup pukul 23.00," ujar Hendry.

Ada berbagai menu andalan KKRS. Mulai dari Snack, Salad, Chicken, Stick, dan Sate. Selain itu ada juga minuman yang disiapkan mulai dari aneka juice, hingga teh dan kopi.

(Salah satu menu di KKRS. Foto: Instagram)

 

Karena itu, tunggu apa lagi. Yuk kita Kembali Ke Rumah Sarwono. “Ke Jakarta ku kan Kembali, Walau apapun yang terjadi”. Ke Rumah Sarwono kita Kembali, menyicipi enaknya kuliner di sini. ***

Loading...

Artikel Terkait