Nasional

Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Kampus IPDN Gelar Medical Check Up untuk Tenaga Pendidik dan Seluruh Pegawai

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 29/03/2022 14:49 WIB

Drg. Tuti Mulyanti selaku Kanit Poliklinik IPDN Kampus Jakarta dan Dosen Senior IPDN Asri Hadi

Jakarta, INDONEWS.ID - Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN Pusat menggelar pemeriksaan kesehatan (medical checkup) bagi seluruh pejabat, tenaga kependidikan dan pegawainya pada Selasa (29/3/22).

Kegiatan yang digelar dalam rangka peningkatan kualitas kesehatan bagi para pegawai dan tenaga pendidik ini digelar di Aula Kampus IPDN Cilandak, Jakarta Selatan.

Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 100 tenaga pendidik dan pegawai IPDN ini terlaksana atas kerjasama dengan Poliklinik Kampus IPDN.

Drg. Tuti Mulyanti Kanit Poliklinik IPDN KAMPUS Jakarta mengatakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi tenaga pendidik dan pegawai Kampus IPDN ini mulai dari pengecekan tekanan darah (tensi), kolesterol, kadar gula darah, asam urat, berat badan, suhu tubuh, oksigen dan dilanjutkan dengan pengambilan darah, urine.

Kemudian juga meliputi pemeriksaan EKG untuk pemeriksaan jantung. Dan terakhir foto torak untuk pemeriksaan paru paru hingga konsultasi kesehatan bersama dokter.

Selain itu kepada seluruh peserta yang mengikuti General Check Up diberikan masker untuk menghindari Covid 19.

Selain itu, bagi para tenaga kependidikan yang terindikasi mengalami sakit tertentu juga selain diberikan obat, akan diberikan saran untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tuti Mulyanti menilai, pemeriksaan kesehatan tersebut sangat baik, agar para pegawai lebih dapat menjaga pola hidup sehat, dan mengetahui penyakit yang dialami lebih dini, dan melakukan pengobatan yang tepat.

“Pemeriksaan kesehatan pegawai direncanakan akan dilaksanakan secara rutin setiap periode tertentu, dan menjadi program yang dilaksanakan Poliklinik Kesehatan Kampus IPDN,” ujar Tuti Mulyanti sebagai penanggung jawab kegiatan ini.

Salah satu manfaat terbesar dari general medical check up adalah upaya preventif (pencegahan). Banyak lembaga medis yang menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan secara rutin dengan tujuan untuk mendeteksi dini penyakit tertentu.

Ada tiga tingkat perawatan pencegahan dan ketiganya penting untuk pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan. Pencegahan primer, pencegahan sekunder dan pencegahan tersier.

Drs Asri Hadi, MA dosen senior IPDN yang juga Pemred media online indonews.id mengaku sangat mendukung diselenggarakan medical check up oleh kampus IPDN Jakarta.

“Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan berorientasi kepada upaya preventif dalam pengendalian penyakit tidak menular yang bertujuan untuk melakukan deteksi dini penyakit,” ujarnya Asri Hadi yang juga Alumni Monash University Australia.

Lebih jauh Asri Hadi mengatakan pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan upaya sangat penting bagi Kampus IPDN meningkatkan kualitas kesehatan para pegawai.

“Selain menerapkan pola makan sehat dan berolahraga, melakukan medical check-up alias cek kesehatan secara rutin adalah salah satu langkah yang penting dilakukan untuk memelihara kondisi tubuh,” tutur Asri salah satu dosen senior IPDN Jakarta yang siang ini juga ikut melakukan general check up kesehatannya.

Salah satu manfaat pemeriksaan kesehatan adalah mendeteksi lebih dini dengan tidak menunggu sampai muncul keluhan penyakit untuk melakukannya. Pasalnya, semakin dini suatu penyakit bisa terdeteksi, akan semakin tinggi pula peluang kesembuhannya.

Layanan Pembuatan Paspor

Sehari sebelumnya tenaga kependidikan dan pegawai Kampus IPDN mendapatkan pelayanan pembuatan Passpor gratis. Kegiatan ini banyak mendapatkan respon dari para pegawai IPDN

Artikel Terkait