Bisnis

Kemenkominfo siap Dukung LKPP dalam Mendorong Penggunaan PDN dalam Katalog Elektronik

Oleh : luska - Sabtu, 09/04/2022 05:30 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan kerja ke kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Jakarta Pusat pada Jum’at (8/4). Kunjungan diterima langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan dan Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Bambang Dwi Anggono. 

Kepala LKPP menyampaikan apresiasi atas dukungan dari Kemenkominfo dalam merealisasikan arahan Presiden Joko Widodo terkait pengembangan sistem Katalog Elektronik yang dapat mengakomodir penayangan produk dalam negeri (PDN) dari sektor Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi (UMK-Koperasi) untuk mendukung program pemulihan ekonomi dari Pemerintah dan pemerataan kesejahteraan masyarakat Indonesia. 

“Dalam keterbatasan infrastruktur teknologi, LKPP saat ini telah meningkatkan target penayangan produk pada katalog elektronik yang semula 95.000 produk pertahun menjadi nantinya 1 juta produk yang akan tayang pada katalog diakhir tahun ini” ungkap Anas dalam paparannya. Adanya semangat dari pelaku UMK-Koperasi juga tidak terlepas dari proses bisnis yang dibuat semakin sederhana, regulasi yang tidak lagi panjang namun mendukung keterlibatan UMK-Koperasi. 

Menyambut informasi yang disampaikan oleh Kepala LKPP, Menkominfo Johnny G.Plate menyampaikan bahwa “Kominfo akan mendukung LKPP dalam hal pengembangan pusat data, infrastruktur yang mendukung proses integrasi data secara nasional dengan ketersediaan bandwith yang memadai, serta pengembangan aplikasi integrasi super apps pemerintah.” ujarnya.

Kedepannya LKPP perlu mengembangkan sistem yang dapat mengidentifikasikan produk lokal dan non-lokal, sehingga mengurangi potensi human error dalam penayangan PDN pada Katalog Elektronik. Oleh karena itu ia menyampaikan bahwa marketplace perlu mengikuti jejak LKPP dalam melakukan keberpihakan kepada PDN serta bagaimana upaya untuk menjaga kualitas PDN tersebut.

Turut hadir bersama dengan Kepala LKPP, Deputi Bidang Pengembangan Strategi dan Kebijakan Sarah Sadiqa, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah Setya Budi Arijanta, dan Direktur Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik Patria Susantosa. Saat ini LKPP bekerjasama dengan Telkom sedang melakukan tinjauan proses bisnis dari dalam guna mengasistensi pengembangan sistem katalog dengan proses bisnis yang baru, baik jangka pendek maupun jangka panjang. (Lka)

Loading...

Artikel Terkait