Bisnis

Indra Karya Siap Kawal Pembangunan Bendungan Mbay NTT

Oleh : very - Jum'at, 22/04/2022 12:08 WIB

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora saat meninjau proyek infrastruktur pembangunan Bendungan Mbay, di Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Bendungan Mbay yang terletak di Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, merupakan bendungan yang masuk proyek infrastruktur dan merupakan satu dari 11 bendungan baru yang menjadi prioritas pemerintah. Pasalnya, bendungan ini masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai dengan PERPRES Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Bendungan Mbay dibangun mulai tahun 2021 hingga 2027. Tujuan bendugan ini dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan meningkatkan tampungan air di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora menyampaikan bahwa sebagai perusahaan BUMN, Indra Karya terus berkomitmen untuk menunjukkan kinerja positif di tengah pandemi saat ini khususnya pada sektor pengelolaan Sumber Daya Air seperti pembangunan bendungan.

 

Pada tahun sebelumnya, Indra Karya berhasil merampungkan beberapa bendungan untuk mendukung infrastruktur ketahanan air dan pangan bagi masyarakat Indonesia.

“Bendungan Mbay ini menjadi proyek bendungan pertama yang dikerjakan Indra Karya pada 2022 dan Indra Karya siap memberikan kontribusi terbaiknya dalam pembangunan Bendungan Mbay. Pembangunan bendungan ini merupakan salah satu wujud keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sehingga perlu kita dukung dan kerjakan dengan sebaik mungkin,” ujar Gok Ari seperti dikutip dari siaran pers Corporate Communication and External Relations Manager PT Indra Karya (Persero), di Jakarta, Jumat (22/4).

Sementara itu, Vice President Operation and Business Development Division, Gagah Guntur Aribowo, mengatakan bahwa dalam pembangunan Bendungan Mbay di Kabupaten Nagekeo Provinsi NTT (Paket-1 dan Paket-2), Indra Karya memiliki peran sebagai Lead Konsultan Supervisi Konstruksi.

“Keterlibatan Indra Karya pada pembangunan Bendungan Mbay adalah sebagai Lead Konsultan Konstruksi dimana Indra Karya juga telah mengadakan penandatangan kontrak Pekerjaan Supervisi Pembangunan antara PT Indra Karya (Persero) Divisi Engineering I – Rasenta – Sabana KSO dengan PPK Kegiatan Bendungan II BWS NT2 pada tanggal 30 Juni 2021 lalu,” jelas Gagah.

Lebih lanjut Gagah menjelaskan bahwa konstruksi Bendungan Mbay didesain dengan tinggi 48 m, lebar 12m dan panjang 436 m dengan volume kapasitas tampungan total 51,74 juta m3 dengan luas genangan 499,44 ha. Selain itu, Bendungan Mbay didesain dengan tipe zonal dengan inti tegak.

Pembangunan Bendungan Mbay terbagi menjadi 2 paket dimana progres fisik untuk paket I sudah 2,21% dan paket II baru 0,83%. Adapun, Paket I dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk - Bumi Indah KSO dan Paket II PT Brantas Abipraya. Sedangkan supervisi dikerjakan oleh PT Indra Karya - Rancang Semesta - Sabana (KSO). 

 

Sebagai informasi, pembangunan bendungan Mbay telah melalui proses yang panjang dimana feasibility study telah dilakukan pada tahun 1999-2000, kemudian dilanjutkan dengan detail desain pada 2001-2002 dan 2016. Serta Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) dan AMDAL dilakukan pada 2018, jelas Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) NTT II Agus Sosiawan. Adapun untuk anggaran biaya pembangunan Bendungan Mbay yang dikerjakan pada 2021-2024 ini dibangun dengan anggaran Rp1,915 triliun.

“Nantinya bendungan ini akan menghasilkan air baku 0,21 m3/detik dan memberikan manfaat irigasi terhadap 5.899 ha lahan pertanian. Dengan dibangunnya Bendungan Mbay di Provinsi NTT, diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam di Kota Mbay. Disamping itu juga untuk penyediaan air baku kota Mbay dan sekitarnya serta pengendalian banjir di daerah hilir,” tambah Gagah.

Sebagai BUMN konsultan konstruksi, Indra Karya, yang telah masuk ke dalam Holding PT Danareksa (Persero) ini telah terlibat dalam berbagai proyek strategis nasional terutama pada pembuatan Bendungan di Indonesia. Sebanyak 65% lebih dari keseluruhan bendungan yang ada di Indonesia telah dihasilkan oleh Indra Karya. Perusahaan ini telah menghasilkan maha karya dalam bentuk desain bendungan yang high standard, inovatif, dan terintegrasi.

Dalam menjamin ketersediaan air nasional, Bendungan menjadi salah satu bagian utama untuk memberikan kepastian ketahanan air secara berkelanjutan yang diperuntukan bagi ketersediaan air baku masyarakat, termasuk sektor pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan bangsa. ***

Artikel Terkait