Nasional

Undangan Presiden Jokowi kepada Ukraina dalam G20 Patut Diapresiasi

Oleh : very - Kamis, 28/04/2022 11:55 WIB

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Foto: AFP)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Volodymyr Zelensky menyampaikan melalui tweeter bahwa ia diundang oleh Presiden Jokowi dalam kedudukannya sebagai Presiden G20 untuk hadir dalam KTT G20 di Bali bulan Nopember mendatang.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indoensia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan undangan itu patut diapresiasi sebagai bentuk kompromi dari AS dan sekutunya dengan Rusia yang sama-sama memanfaatkan Forum G20 untuk menjadi medan konflik.

“Undangan ini lebih baik daripada memenuhi permintaan yang tinggi dari AS untuk mengeluarkan Rusia dalam Forum G20,” ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, Kamis, 28 April 2022.

Sebagai balasan, kata Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani itu, Indonesia sebagai Presiden dapat meminta jaminan kepada AS dan negara sekutunya untuk tidak melakukan boikot dengan ketidak-hadiran mereka bila Rusia hadir.

Undangan kepada Ukraina pun diharapkan dapat diterima oleh Rusia karena kehadiran Ukraina bukan sebagai negara anggota.

“Bila Ukraina diberi kesempatan untuk berbicara dalam KTT kemudian delegasi Rusia melakukan walkout tentu bisa dipahami dan tidak perlu dicegah,” katanya.

“Intinya dengan undangan ke Ukraina semua kepala pemerintahan dan kepala negara G20 akan hadir dan membahas persoalan penting dunia yaitu pertumbuhan ekonomi dunia dan pelestarian lingkungan,” pungkasnya. ***

Artikel Terkait