Nasional

Diterima di Istana Bogor, Jokowi Ajak PM Jepang Tanam Pohon

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 30/04/2022 18:59 WIB

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Jepang Fumio Khisida di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat sore, 29 April 2022. Dalam penyambutan tersebut, seluruh jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju turut menemui Khisida.

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Jepang Fumio Khisida di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat sore, 29 April 2022. Dalam penyambutan tersebut, seluruh jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju turut menemui Khisida.

Jokowi sempat mengajak Fumio Khisida berkeliling Istana Bogor, Jawa Barat. Mereka kemudian menanam pohon Cendana di halaman belakang Istana Bogor.

Khisida datang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang sekitar pukul 13.50 WIB. Kunjungan Khisida ini merupakan rangkaian safarinya ke negara Vietnam, Thailand, Italia, dan Inggris. Dalam safari tersebut, Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjunginya.

Setelah bertemu Jokowi di Istana Bogor, Khisida dijadwalkan bakal mengunjungi Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan pada Sabtu besok.

Sementara itu, Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri, Santo Darmosumarto, menjelaskan Indonesia merupakan negara kedua di Asia yang dikunjungi Kishida setelah resmi menjabat sebagai perdana menteri baru Jepang menggantikan Yoshihide Suga.

PM Kishida pada Maret 2022 berkunjung ke Kamboja yang memegang keketuaan ASEAN saat ini.

Dia menyebutkan bahwa dalam pertemuan itu, Kishida dan Jokowi akan fokus membahas cara-cara dan upaya agar kemitraan ekonomi kedua negara dapat menjadi dasar penguatan kerja sama dalam percepatan pemulihan ekonomi di tingkat kawasan dan global.

"Terkait isu-isu di kawasan dan dunia, kedua pemimpin tentunya akan membahas tentang isu G20 dan perang yang berlangsung di Ukraina," katanya.

Artikel Terkait