Nasional

Penyebab Komite Olimpiade Asia Putuskan Tunda Asian Games 2022 di Hangzhou, China

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 06/05/2022 15:15 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Komite Olimpiade Asia (OCA) memutuskan untuk menunda gelaran Asian Games 2022 yang seharusnya berlangsung di Hangzhou, China. Keputusan ini menyusul tingginya angka kasus COVID-19 di negara tersebut.

Asian Games 2022 sejatinya bakal digelar di Hangzhou, China. Rencananya, ajang multi-event paling bergengsi di Benua Asia ini digelar pada 10-25 September 2022 mendatang.

Asian Games 2022 Hangzhou merupakan pesta olahraga terakbar kawasan kontinental Asia edisi ke-19. Ini merupakan kali ketiga China menjadi tuan rumah Asian Games, setelah sebelumnya penyelenggaraan berlangsung di kota Beijing (1990) dan Guangzhou (2010).

Namun, setelah OCA berdiskusi dengan Komite Olimpiade China (COC) dan Komite Penyelenggara Asian Games Hangzhou (HAGOC), akhirnya Asian Games 2022 resmi ditunda.

“Menyusul diskusi menyeluruh dengan COC dan HAGOC, dean eksekutif OCA memutuskan untuk menunda Asian Games, yang akan diadakan di Hangzhuo, China pada 10-25 September 2022,” bunyi pernyataan resmi OCA, Jumat (6/5/2022).

Sejauh ini, belum ada tanggal pengganti yang diumumkan oleh OCA. Namun, OCA dapat memastikan jika penundaan dikarenakan pandemi Covid-19 yang kembali menghantam Negeri Tirai Bambu tersebut.

“Tanggal baru untuk Asian Games ke-19 akan disetujui oleh OCA, COC dan HAGOC akan diumumkan dalam waktu dekat. HAGOC telah bersiap mengadakan Asian Games. Namun, keputusan diambil oleh seluruh pihak mengingat kondisi pandemi,” lanjutnya.

Sebelumnya kabar Asian Games 2022 sudah terdengar kencang memang akan ditunda. Bahkan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, sudah mengonfirmasi bahwa ada rencana penundaan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

“Iya benar ditunda. Tapi kita masih menunggu official letter-nya dari OCA,” kata Raja Sapta Oktohari dikutip MNC Portal Indonesia.*

Artikel Terkait