Nasional

Sambut KTT G20, Menko Luhut Tinjau Persiapan Kawasan Mangrove Tahura dan Garuda Wisnu Kencana

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 07/05/2022 11:35 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengecek persiapan pelaksanaan KTT G20 di kawasan Mangrove Tahura dan Garuda Wisnu Kencana.

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengecek persiapan pelaksanaan KTT G20 di kawasan Mangrove Tahura dan Garuda Wisnu Kencana.

Luhut mengatakan, kunjungan dilakukan untuk melihat progres pengerjaan area drop off dan pick up zone untuk para delegasi KTT G20 pada November. Selain itu, Menko Marves juga mengecek pembangunan Wantilan dan area persemaian yang akan dipertunjukkan kepada delegasi.

“Saya minta pengamanan dan kenyamanan para pimpinan negara atau delegasi dapat menjadi perhatian utama, khususnya pada spot utama seperti area wantilan, jalur tracking, titik foto, area persemaian, serta menara pandang dan view deck,” Kata Menko Luhut dalam keterangan resmi, Sabtu (7/5/2022).

Lalu, Luhut meninjau kawasan Garuda Wisnu Kencana untuk meninjau jalan, renovasi kawasan, sebagai salah satu lokasi kegiatan G20, dan pengamanan lokasi serta rekayasa lalulintas.

“Dari simulasi yang dilaksanakan oleh Kapolda Bali perlu diadakan perbaikan dan pelebaran jalan menuju GWK agar memudahkan mobilisasi para pimpinan negara dan delegasi,” ujarnya.

Menurut Luhut, adapun Renovasi di kawasan GWK untuk penambahan arsitektural di Gate 3, ramp di Lotus Pond, dan pelandaian ramp di Festival Park juga perlu diperhatikan pengerjaannya sehingga dapat selesai tepat waktu.

“Saya meminta juga kepada Panglima TNI untuk bertanggung jawab membuat Tactical Floor Game (TFG) untuk simulasi, dan mengantisipasi berbagai kejadian, tambahnya.

Sebagai catatan, dalam kunjungan ini Menko Luhut didampingi antara lain oleh Panglima TNI, Kapolri, Gubernur Bali, Dirjen Cipta Karya irjen Bina Marga Kementerian PUPR, Pangkogabwilhan, Pangkostrad, dan Sesmenko Marves.

"Semua persiapan ini perlu kita siapkan dengan baik dan matang, ini menjadi pesan langsung dari Presiden. Saya minta kerja samanya untuk mempersiapkan yang terbaik untuk pelaksanaan KTT G20 mendatang,” tandas Luhut.*

Artikel Terkait