Nasional

Luar Biasa! Jusuf Kalla Terima Penghargaan Tertinggi "Grand Cordon" dari Pemerintah Jepang

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 10/05/2022 15:33 WIB

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla bersama Duta Besar Heri Akhmadi (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla mendapatkan penghargaan tertinggi dari pemerintah Jepang pada Selasa, 10 Mei 2022. Adapun bintang tanda jasa yang diterima adalah “Grand Cordon of the Order of the Rising Sun”.

Untuk diketahui, selain Jusuf Kalla, penghargaan dari pemerintah Jepang juga diberikan kepada Duta Besar RI untuk Jepang periode 2013-2016, Yusron Ihza Mahendra Grand Cordon of the Order of the Rising Sun kategori golden and silver.

Penghargaan tersebut diketahui diserahkan langsung oleh Kaisar Jepang Naruhito, sedangkan prosesi penganugerahan tersebut berlangsung di Istana Kaisar Jepang pada Selasa pagi.

Pemberian bintang jasa ini karena JK dianggap berkontribusi dalam meningkatkan hubungan Jepang-Indonesia saat menjabat menjadi Wakil Presiden RI.

Selama masa jabatannya, JK dianggap konsisten membantu melakukan koordinasi baik di dalam maupun di luar kabinet. Selain itu, JK juga berkontribusi dalam terjalinnya hubungan baik dengan kalangan politik dan ekonomi di Jepang.

JK juga dikenal memiliki hubungan yang hangat dan kedekatan dengan pihak Jepang, baik saat mengabdi di dalam pemerintahan maupun ketika di luar pemerintahan.

Dalam konferensi pers yang digelar Kedutaan Besar RI di Tokyo, Jusuf Kalla menyampaikan rasa syukur telah menerima penghargaan tersebut.

"Saya merasa bersyukur telah menerima penghargaan dari Kaisar Jepang (Grand Cordon) yang menunjukkan ini gambaran hubungan baik Indonesia dan Jepang.
"Tentu kita menjaga, karena dengan Jepang ini hubungan sudah lama," ujar JK dalam pernyataan pers-nya secara virtual Selasa (10/5/22).

JK juga menyinggung hubungan Indonesia dan Jepang yang semakin baik, meskipun di masa lalu, Jepang pernah menduduki Indonesia.

"Sebagai negara yang industrinya maju dan Indonesia ekonomi berkembang, kita membutuhkan partner dagang yang baik, kita butuh investasi, dan Jepang salah satu investor yang baik di Indonesia," kata JK.

JK menyebut bahwa penghargaan tersebut bukan hanya untuk dirinya sendiri namun untuk masyarakat Indonesia yang punya hubungan baik dengan Jepang.

"Hubungan baik dalam bidang ekonomi maupun politik," ujar JK.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi menyambut baik pemberian penghargaan tersebut.

Menurutnya penghargaan ini merupakan bentuk penghormatan Jepang kepada tokoh-tokoh terbaik dunia, termasuk Indonesia.

"Hari ini istimewa bagi kita semua. Karena dua warga negara kita menerima bintang penghargaan dari Kaisar Jepang. Tadi pagi telah dilakukan acaranya langsung oleh kaisar Jepang kepada bapak Jusuf Kalla, yaitu bintang yang paling tinggi dalam Order of the Rising Sun," ujar Dubes Heri.

"Siang ini juga berlangsung pemberian penghargaan lain pada bapak Yusron yaitu penghargaan golden and silver oleh kaisar Jepang," sambungya Dubes Heri.

Menurut Dubes Heri, pemberian ini tak lepas dari jasa bapak Jusuf Kalla, baik sebagai wakil presiden maupun sebagai posisi yang pernah dijabat sebelumnya sebagai menteri maupun ketua dari berbagai organisasi internasional.

"Penghargaan ini sangat layak diberikan kepada Jusuf Kala, dan berharap ada dukungan dari pak JK guna mendorong, mengembangkan dan memajukan hubungan Indonesia dan Jepang lebih jauh," jelas Dubes Heri.*

Artikel Terkait