Nasional

Menteri Erick Dorong BUMN Gandeng Santri Ciptakan Keberlangsungan Ekosistem Pangan

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 11/05/2022 13:15 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (Foto: okezone.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen dalam pemberdayaan ekonomi pesantren. Sebagai program berkelanjutan pemerintah, menurut Erick BUMN dapat meningkatkan ekosistem pangan dengan menggandeng para santri sebagai bagian dari aset kemandirian ekonomi pesantren.

“BUMN Pangan perlu gandeng para santri sebagai aset keberlangsungan pangan," ujar Erick saat halal bihalal bersama para santri di Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar, Banten, (11/5).

Menurut Erick, pangan menjadi sorotan utama saat ini, seperti komoditas minyak goreng, gula, beras, yang menjadi kebutuhan pangan pokok para santri, guru, orang tua santri, dan komunitas alumni pondok pesantren yang menjadi satu kesatuan ekosistem.

“Pangan menjadi fokus pemerintah. BUMN Holding Pangan ID Food dapat menciptakan rantai pasok pangan di lingkungan santri sebagai wujud kemandirian pangan di lingkungan pondok pesantren," ucap Erick.

Erick mengapresiasi langkah Holding Pangan ID Food mengingat pada hari yang sama, ID Food bersama anak usahanya PPI dan Rajawali Nusindo mendistribusikan 300 ton minyak goreng curah dan 800 ton gula di Kupang, NTT, untuk didistribusikan ke pasar-pasar tradisional.

Erick menyebut, kegiatan ini terlaksana berkat kolaborasi BUMN lainnya seperti PTPN III, Pos Indonesia, dan Bank BRI secara perdana dengan menggunakan fasilitas tol laut sinergi Kementerian Perhubungan dan Badan Pangan Nasional.

"Sebelumnya ID Food juga sudah berkontribusi menyalurkan minyak goreng curah sebanyak 37 juta liter ke pasar tradisional seluruh Indonesia," ungkap Erick.*

Artikel Terkait