Daerah

Monitoring dan Supervisi STBM Gesi, TP PKK Kabupaten Manggarai Kunjungi 35 Desa

Oleh : Marsi Edon - Jum'at, 20/05/2022 19:37 WIB

Kegiatan monitoring dan supervisi STBM Gesi, TP PKK Kabupaten Manggarai.(Foto:Ist)

Ruteng, INDONEWS.ID - Dalam rangka melakukan monitoring dan supervisi STBM Gesi, TP PKK Kabupaten Manggarai melakukan kunjungan di 35 desa di Kabupaten Manggarai yang berlangsung sejak 9 April 2022 sampai dengan 02 Juni 2022. Kunjungan ini hasil kerja sama dengan PLAN Intenasional.

Pada Kamis, 19 Mei 2022, TP PKK Kabupaten Manggarai mengunjungi TP PKK Desa Ladur, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai.

Di Desa Ladur, Tim PKK Kabupaten Manggarai yang dipimpin Ketuanya, Meldyanti Hagur Nabit menelusuri rumah-rumah warga guna mengajarkan lima pilar STBM Gesi.

Bersama Tim PKK Desa Ladur, Meldyanti masuk ke dapur-dapur warga Desa Ladur. Tak hanya dapur, toilet, kamar tidur dan sekeliling rumah wargapun ditinjau.

Dihadapan warga dan TP PKK Desa Ladur, Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai meminta untuk memperhatikan kebersihan rumah dan toilet.

"Kebersihan rumah menjadi tanggung jawab bersama orang yang mendiami rumah. Kalau rumah bersih, kita pasti jarang terserang penyakit," ujar Meldyanti disela-sela kunjungan tersebut.

Meldyanti juga meminta kader TP PKK Desa Ladur untuk aktif menginformasikan permasalah sosial di tengah masyarakat Desa Ladur ke Pemerintah Desa Ladur atau TP PKK Kabupaten Manggarai.

"Kalau ada ODGJ, Difabel atau masalah sosial lainya, tolong jangan diolok-olok, jangan dicibir. Sebaiknya catat dan laporkan ke Pemerintah Desa setempat atau ke TP PKK Kabupaten Manggarai untuk mendapat penanganan lebih lanjut dari pemerintah," lanjut Meldyanti.

Istri Bupati Manggarai tersebut menegaskan, keberadaan warga yang berkebutuhan khusus seperti ODGJ dan Difabel wajib diperhatikan.

"Mereka punya hak yang sama seperti kita yang lainya untuk mendapatkan perhatian dari Negara. Tolong bantu laporkan," jelasnya.

Ketua TP PKK bersama timnya juga mengajarkan masyarakat Desa Ladur cara mencuci tangan yang benar.

Selain mengedukasi langsung warga, TP PKK Kabupaten Manggarai berkoordinasi dengan pihak Desa Ladur tentang keberadaan jaringan air minum bersih yang kurang lancar.

Setelah mengunjungi Desa Ladur, Kecamatan Cibal, pada 19 Mei malam, Ketua TP PKK bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Bajak, Kecamatan Reok.

Pada Jumat, 20 Mei 2022, di Desa Bajak, Kecamatan Reok, Ketua TP PKK bersama rombongan diterima dengan ritual adat Manggarai "tuak curu dan manuk kapu".

Di Desa Bajak, Ketua dan TP PKK Kabupaten Manggarai kembali memaparkan 5 pilar STBM Gesi, diantaranya;

1. Stop buang air besar sembarangan;
2. Cuci tangan pakai sabun;
3. Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga;
4. Pengelolaan sampah rumah tangga;
5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

TP PKK Kabupaten Manggarai kemudian mengunjungi sejumlah rumah warga desa Bajak untuk melakukan pemicuan 5 pilar STBM Gesi.

Kepala Desa Bajak, Yoseph Salem mennyampaikan terima kasih atas kunjungan TP PKK Kabupaten Manggarai.

"Terima kasih banyak atas kunjungan Tim PKK Kabupaten atas kunjungan ke Desa Saya (Desa Bajak). Beberapa program yang warga saya belum tahu akhir tahu. Untuk rumah yang belum tidak memenuhi 5 pilar (STBM Gesi), kami siap mengedukasinya lebih lanjut", Ungkap Yoseph.

Untuk diketahui, kunjungan TP PKK Kabupaten Manggarai juga mengunjungi sejumlah difabel dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk selanjutnya dilparkan ke pihak gerkait agar mendapat kunjungan rumah.*

Loading...

Artikel Terkait