Nasional

Sekjen Kemendagri Tekankan Hakikat Pemerintah sebagai Pelayan Masyarakat

Oleh : Marsi Edon - Minggu, 22/05/2022 22:40 WIB

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro.(Foto:Puspen Kemendagri)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro menekankan, hakikat pemerintah merupakan pelayan masyarakat.

Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), para pejabat yang dipilih masyarakat, serta jajaran perangkat pemerintah memiliki peran dalam melayani rakyat.

Hal itu diungkapkan Suhajar saat menjadi narasumber dalam acara Launching Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding ASN "Bangga Melayani Bangsa" Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang berlangsung secara virtual, Jumat (20/5/2022).

Saat ini pola relasi antara pemerintah dengan masyarakat telah berubah. Di era sekarang, pemerintah bertugas memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat.

Hal ini juga sejalan dengan sikap dan nilai yang dicontohkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong segenap aparat pemerintah senantiasa melayani masyarakat.

"Walaupun kita selalu menyebut diri kita adalah pemerintah, pemerintah provinsi, kabupaten, dan sebagainya, tetapi sesungguhnya makna jati diri kita adalah pelayan masyarakat. Pola relasi antara pemerintah dengan rakyat yang diperintah sesungguhnya terus mengalami dinamika perkembangan," terang Suhajar.

Di masa silam, tambah Suhajar, relasi pemerintah dengan rakyat cenderung menempatkan rakyat di bawah.

Namun, saat ini kondisi itu telah berubah secara ekstrem dan menjadikan rakyat di posisi atas sebagai pihak yang dilayani. Hal ini diyakini tidak lepas dari kesadaran masyarakat terhadap peran pemerintah.

Berkaitan dengan hal itu, Suhajar mengapresiasi kiprah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumbar. Pasalnya, Provinsi Sumbar dinilai telah memberikan contoh nyata di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Contoh nyata di Sumbar, jelas apa yang dilakukan Pak Gubernur saat ini, saya mendapat kabar dan melihat foto-foto Bapak Gubernur pergi berbuka puasa ke rumah penduduk yang paling susah di lingkungan masjid. Pak Gubernur safari Ramadan, itu adalah hal-hal di mana kita menempatkan rakyat bagaikan orang tua kita," tandas Suhajar.*

Loading...

Artikel Terkait