Nasional

Sambangi Kantor Bos Indomobil, Pemred Asri Hadi Serahkan Langsung Kaos "Orang Penting Baca Indonews.id"

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 02/06/2022 16:34 WIB

Pemimpin Redaksi Media Indonews.id, Drs. Asri Hadi menyerahkan secara langsung kaos Indonews.id kepada Presiden Komisaris Indomobil Sukses Internasional Soebronto Laras pada Kamis (2/6/22).

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemimpin Redaksi Media Indonews.id, Drs. Asri Hadi menyerahkan secara langsung kaos Indonews.id kepada Presiden Komisaris Indomobil Sukses Internasional, Soebronto Laras pada Kamis (2/6/22).

Penyerahan kaos perayaan Indonews.id ke-6 tahun itu berlangsung di Wisma Indomobil Lt. 6 yang dihadiri Pemimpin Umum Indonews.id Rio Sarwono, Pemred Mobilinanews.com Budi Santen dan wartawan Indonews.id Rikard Djegadut.

Sebelum penyerahan kaos bertuliskan "Orang Penting Baca Indonews.id" itu didahului dengan sesi diskusi terkait persoalan otomotif di Indonesia hingga persoalan seputar mobil listrik yang sedang ramai.

Pemimpin Redaksi Indonews.id, Drs. Asri Hadi mengatakan pemerintah Indonesia perlu melibatkan sosok seperti Soebronto Laras dalam meracang kebijakannya, utamanya di bidang otomotif.

"Beliau 50 tahun lebih berkutat dengan dunia otomotif. Beliau paham betul seluk-beluknya. Alangkah bijak bila beliau dilibatkan dalam perancangan kebijakan di bidang otomotif, seperti mobil listrik yang ramai sekarang ini," kata Asri Hadi di Jakarta, Kamis (2/6/22).

Siapa Soebronto Laras

Pria kelahiran 5 Oktober 1943 adalah seorang pembalap sekaligus mekanik. Ia sering dikenal sebagai Yonto anak dari R. Moerdono importir mobil Citroen, Tempo, dan Combi sejak 1949.

Soebronto Laras merupakan anak kedua R. Moerdono dari empat bersaudara. Ia dilahirkan 5 Oktober 1943 di jakarta, dan sudah tertarik pada otomotif sejak kecil.

Sejak kecil, pria yang akrap disapa Yonto ini telah tertarik dengan kegiatan otomotif seperti bengkel, di masa remaja ia pun pernah menjadi pebalap motor bersama Tinton Soeprapto.

Sampai akhirnya Soebronto Laras menjadi Direktur Utama PT Indohero Steel & Engineering Co., dan PT Indomobil Utama sebagai perakit motor dan mobil Suzuki.

Yonto merupakan lulusan Sekolah Dasar Cikini, Jakarta (1958); Sekolah Menengah Pertama Cikini, Jakarta (1961); Sekolah Menengah Atas Harapan Kita, Jakarta (1964); Paisley College, London, Inggris (1965); dan London College, Inggris (1965).

Menjajaki usia matang, Yonto mengawali karir pertamanya dengan menjabat Direktur PT First Chemical Industry, yang bergerak dalam bidang formika, alat-alat plastik, dan perakitan kalkulator. Empat Tahun Kemudian ia menjadi Direktur Utama perusahaan perakitan motor mobil suzuki.

Namun, sempat terjadi masa suram, yakni ketika perusahaan yang diemban Yonto hampir bangkrut. Namun sosok Yonto tetap mampu berdiri tegak sampai perusahaan kembali pulih, bahkan berdiri megah dengan omzet pertahun mencapai Rp 150 miliyar dan aset Rp 90 miliar.

Sejak 1981 bisnisnya bertambahan kuat dengan masuknya grup Liem Sioe Liong. Kemudian pada 1984, ia menjadi Direktur Utama (Dirut) P. National Motors Co. dan PT Unicor Prima Motor, perakit mobil Mazda, Hino, dan sepeda motor Binter.

Soebronto Laras, suami Herlia Emmi Yani, putri Almarhum Jenderal Ahmad Yani. Dari pernikahan itu mereka dikaruniai dua anak.

Di usia 78 tahun, Yonto masih menjaga kesehatan dengan olahraga jogging, dan sesekali tenis, renang, reli, dan bulu tangkis. Ia pun juga memiliki koleksi sepeda motor, anjing ras herder dan doberman.*

Loading...

Artikel Terkait