Opini

Air Power Gathering

Oleh : luska - Minggu, 05/06/2022 10:39 WIB

Penulis : Chappy Hakim

Hari Sabtu tanggal 4 Juni 2022, bertempat di QiLounge Hotel Sultan Jakarta telah berlangsung Air Power Gathering.   Pertemuan dan forum ramah tamah antara anggota PSAPI (Pusat Studi Air Power Indonesia) dengan keluarga besar Kementrian Perhubungan.   Acara dimeriahkan dengan pagelaran Band The Playsets berlangsug antara pukul 13.00 sampai dengan 17.00 wib.   Hadir antara lain dari Kemhub adalah Direktur KPLP – Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Capt. Weku Frederik Karuntu.   Sementara dari PSAPI tampak hadir Julius Cesar Hassan, Ir. Yono Reksoprodjo, Marsda Purn Imam Wahyudi, Marsdya Purn Eris Haryanto, Dr. Supri Abu SH.MH, Capt.Arie Singgih, Marsma Fajar Andriyanto dan Prof. Dr. Ida Bagus Rahmadi Supancana, SH., selaku Dewan Pembina PSAPI.

Dalam kesempatan Gathering tersebut sempat berbagi dan tukar menukar pengetahuan dan pengalaman yang dilakukan oleh Direktur KPLP Capt.Weku, Prof. Supancana dan Marsma Fajar.   Direktur KPLP menjelaskan secara garis besar tentang apa dan bagaimana peran serta tugas KPLP.   Prof . Supancana menceritakan tentang perjuangan Indonesia berkait dalam pengaturan orbit satelit yang berada dibawah pengelolaan The United Nations Committee on the Peaceful Uses of Outer Space (UNCOPUOS), badan PBB untuk penggunaan Antariksa secara damai.   Marsma Fajar berbagi pengalamannya ketika pada tahun 2003 sebagai Pilot F-16 melakukan intersepsi pesawat F-18 US Navy di atas Kawasan perairan  kepulauan Bawean.   Uraiannya menjadi sangat menarik, sehubungan dalam minggu belakangan ini masyarakat  luas tengah demam  Film Box Office Top Gun Maverick yang di bintangi oleh Tom Cruise dan Kelly McGillis.

Seperti diketahui PSAPI yang memulai kegiatannya sejak 2019 dengan Pertemuan Bulanan telah terhenti 2 tahun akibat Pandemi Covid 19.   Dua bulan terakhir PSAPI telah mulai kembali pertemuan tatap muka menyesuaikan perkembangan pulihnya pandemic Covid 19.   Untuk itu PSAPI menyelenggarakan Air Power Gathering pada setiap hari Sabtu siang dengan beberapa stake holder penerbangan di Jakarta.   Dimulai dengan Halal Bi Halal Bersama Menteri Perhubungan dan Gubernur Lemhannas dilanjutkan kemudian dengan Air Power Gathering PSAPI dengan keluarga besar Kementrian Perhubungan.   Gathering selanjutnya akan diselenggarakan dengan pihak terkait seperti INACA, Indonesia AirNav, Angkasa Pura, Maskapai Penerbangan dan seluruh stake holder penerbangan nasional.   Direncanakan apabila situasi sudah memungkinkan PSAPI akan memprakarsai konsolidasi “temu nasional” komunitas penerbangan Indonesia di Jakarta.  Dengan adanya pertemuan seluruh pihak yang beraktifitas dibidang kedirgantaraan diharapkan kedepan dunia dirgantara Indonesia akan dapat menjadi lebih baik lagi dalam menyongsong banyak tantangan di masa datang.

Loading...

Artikel Terkait