Nasional

Reshuffle Kabinet, Ini Prediksi Menteri Baru Maupun yang Terpental dari Kabinet Jokowi

Oleh : very - Rabu, 15/06/2022 09:29 WIB

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma`ruf Amin mengenalkan Kabinet Indonesia Maju di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Foto: Tribunnews.com)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Isu perombakan kabinet atau reshuffle kembali menguat. Kabarnya pergantian kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo pada Rabu ini (15/6).

Isu kabinet itu mengemuka setelah Presiden Jokowi memanggil para menteri maupun calon menteri pada Selasa (14/6).

Apalagi, publik saat ini juga sedang menunggu masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) dalam pemerintahan setelah partai tersebut menyatakan mendukung pemerintahan Jokowi sebelumnya.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi mengenai kepastian reshuffle kabinet.

Berikut sejumlah isu terkait menteri baru maupun menteri yang didepak dari kabinet Jokowi:

  1. Hadi Tjahjanto

Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto diperkirakan bakal masuk kabinet Jokowi. Hadi diperkirakan akan dipercaya menjadi Kepala Staf Presiden (KSP) menggantikan Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko.

Hadi Tjahjanto termasuk salah satu tokoh yang dipanggil Jokowi ke Istana pada Selasa sore.

Kepada wartawan, Hadi mengakui dirinya dipanggil Jokowi secara mendadak.

"Baru saja makanya saya ngebut. Wah enggak tau siapa ya, saya hanya dipanggil. Enggak tahu apa itu. Wah belum mikir ke sanalah ya (reshuffle kabinet). Ini baru olahraga langsung lari saya," ungkap Hadi seperti dikutip Tribunnews.com.

 

  1. Zulkifli Hasan

Ketua Umum Partai Amanat Nasioanal (PAN) Zulkifli Hasan disebut-sebut akan masuk Kabinet Jokowi. Dia diprediksi akan menjadi Menteri Kehutanan menggantikan kader dari Partai NasDem, Siti Nurbaya Abubakar.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut bahwa ada menteri dari Partai Amanat Nasional yang akan menjadi menteri dalam reshuffle kali ini.

Namun, Wali Kota Bogor asal PAN ini enggan menyebutkan siapa saja dari PAN yang akan masuk dalam Kabinet Indonesia Maju saat pergantian nanti.

“PAN sudah menyiapkan kadernya. Saya kira menyampaikan itu biar Ketum (Zulkifli Hasan), juga Ketum PAN sudah menyiapkan dan seluruh kader PAN sudah siap,” ujar Bima kepada wartawan Selasa (14/6/2022).

 

Perkiraan menteri yang didepak:

  1. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Menteri Perdagangan Muhammad Lufti diperkirakan akan terkena reshuffle kabinet. Namun belum diketahui siapa yang bakal menggantikannya.

Seperti diketahui bahwa kinerja Muhammad Lufti akhir-akhir ini menjadi sorotan terkait kasus minyak goreng. Bahkan orang dekat menteri dan pejabat Kementerian Perdagangan sudah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Presiden Jokowi bahkan pernah menegur langsung Lutfi dalam rapat kabinet. 

Muhammad Lutfi terpantau dipanggil Jokowi pada Selasa (14/6/2022) sore. Namun, Lutfi enggan menjawab wartawan terkait pertemuannya dengan Jokowi.

“Enggak ada, enggak ada, enggak tahu,” jawab Lutfi singkat sembari masuk ke dalam mobil sedan hitam meninggalkan istana.

 

  1. Sofyan Djalil

Salah satu menteri yang juga ikut dipanggil Presiden Jokowi pada Selasa (14/6) adalah Sofyan Djalil. Sofyan mengaku tidak tahu alasan mengapa dirinya dipanggil Presiden. Ia menduga pemanggilan terkait Ibu Kota Baru.

“Saya tidak tahu, terkait apa, mungkin terkait ibu kota,” ujarnya seperti dikutip Tribunnews.com.

 

3. Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko diisukan akan dipercaya menjadi Menteri Pertanian. Dia menggantikan Syahrul Yasin Limpo. 

Selama ini memang Moeldoko, yang juga menjadi Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) itu sangat gencar membela kaum petani.  ***

Artikel Terkait