Nasional

500 Pengunjung Antusias Saksikan acara Indonesia-Japan Friendship Festival IPEMI Jepang

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 22/06/2022 09:22 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi mendorong diaspora Indonesia terus berkontribusi dalam kemajuan Indonesia di berbagai sektor. Hal itu dikatakan Dubes Heri dalam sambutannya sebelum membuka acara Indonesia – Japan Friendship Festival yang diprakarsai oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Jepang di Tsukuba, Ibaraki Jepang Minggu 19 Juni 2022.

”Saya apresiasi luar biasa kegiatan yang dilakukan oleh IPEMI dalam rangka memperingati HUT ke-2 sebagai motor penggerak untuk memperkenalkan dan mempromosikan Indonesia di Jepang. Saya berharap kegiatan ini dapat mendorong dan memberikan inspirasi bagi Diaspora Indonesia di Jepang untuk selalu berbuat terbaik dan berkontribusi dalam kemajuan Indonesia di berbagai sektor,” ujar Dubes Heri yang hadir didampingi Ibu Nuning Akhmadi, Kepala Bidang Penerangan Sosial Budaya Meinarti Fauzie dan Atase Perdagangan Arief Wibisono.

”KBRI Tokyo, Bank Indonesia, Bank Negara Indonesia, Pertamina dan Garuda Indonesia telah membentuk Small and Medium Enterprises (SME) Center yang merupakan pusat pengembangan usaha UMKM. Kedepannya ibu-ibu IPEMI tidak ragu untuk menghubungi BNI karena mereka sudah bisa memberikan kredit untuk diaspora Indonesia. Selamat ulang tahun IPEMI Jepang,” tambah Dubes Heri

Walikota Tsukuba Igarashi Tatsuo yang juga hadir di acara ini menyambut baik penyelenggaraan kegiatan. ”Saya sangat berharap acara semacam ini dapat kembali diselenggarakan. Di Tsukuba ini ada 308 WNI yang tinggal di Tsukuba. Kota Tsukuba telah menyediakan leaflet informasi berbahasa Indonesia yang dikerjakan oleh mahasiswa Indonesia di Tsukuba,” kata Walikota Igarashi Tatsuo yang juga sempat memainkan alat musik angklung.

Ketua Dharma Wanita Pusat (DWP) KBRI Tokyo Nuning Akhmadi berharap IPEMI Jepang dapat terus menjadi wadah pemersatu perempuan Indonesia yang ingin berkarya di Jepang dan dapat membuka jalan hadirnya peluang berkolaborasi usaha antara Jepang dan Indonesia. “Saya dan pengurus DWP KBRI Tokyo berkomitmen penuh untuk bergerak bersama IPEMI Jepang dalam mendorong perempuan Indonesia di Jepang untuk terus berkarya. Menjadi bagian penggerak inspirasi bagi pemberdayaan perempuan Indonesia,” tegas Nuning Akhmadi yang hadir di acara bersama dengan para pengurus DWP KBRI Tokyo.

Ketua IPEMI Jepang Sari Okano mengapresiasi dukungan penuh KBRI dan DWP KBRI Tokyo dalam setiap kegiatan IPEMI Jepang. Ia berharap perempuan Indonesia dapat terus berkreasi dalam upaya promosi Indonesia di Jepang.

Lebih kurang 500 orang menghadiri acara Indonesia – Japan Friendship Festival IPEMI Jepang. Para pengunjung yang terdiri dari warga Indonesia dan masyarakat Jepang ini antusias menikmati berbagai kuliner Indonesia mulai dari Mie Bakso, Nasi Padang, Pisang Goreng, Soto Ayam dan Es Cendol.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan tari-tarian diantaranya Tari Merak dari anggota IPEMI Jepang, Tari Topeng Kelana Kasumedangan Jawa Barat yang di bawakan oleh Dewi Lastmi, diaspora Indonesia yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri Jepang di Tokyo. Acara juga menampilkan tari dan lagu tradisional dari grup Future Girls Dance yang terdiri dari para pekerja kontrak Indonesia di Jepang.

Dubes Heri Tatap Muka Dengan PPI Ibaraki

Dalam kesempatan terpisah Dubes Heri Akhmadi bertemu dengan pengurus Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Ibaraki di Universitas Tsukuba, Ibaraki. Dalam pertemuan itu Dubes Heri meminta kepada PPI Ibaraki agar senatiasa mempromosikan Indonesia di segala bidang.

”KBRI Tokyo siap memberi perlindungan kepada teman-teman PPI Ibaraki. Kami juga siap mendukung kegiatan PPI Ibaraki di segala bidang seperti halnya seni dan budaya serta penelitian sain dan teknologi,” kata Dubes Heri yang didampingi Atase Pendidikan Yusli Wardiatno.

Sementara itu Ketua PPI Ibaraki Dhany Putera Pratama yang didampingi para pengurus mengapresiasi dukungan langsung dari Dubes Heri kepada PPI Ibaraki dalam setiap kegiatan.*

Loading...

Artikel Terkait