Nasional

Pemred Indonews Sampaikan Duka Mendalam Atas Kepergian Tjahjo Kumolo

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 01/07/2022 20:30 WIB

Pemred Indonews.id Asri Hadi bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo

Jakarta, INDONEWS.ID - Kabar berpulangnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggalkan duka mendalam bagi banyak kalangan, utamanya para sahabat dan kenalan. Salah satunya Drs. Asri Hadi, MA.

Pemimpin Redaksi Media Indonews.id diketahui memiliki kedekatan dengan Tjahjo jauh sebelum masuk dalam kabinet Jokowi-JK maupun Jokowi - KH Maruf Amin.

"Mewakili jajaran redaksi dan manajemen Indonews.id dan secara pribadi saya mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya sahabat saya, Bapak Tjahjo Kumolo," kata Asri Hadi di Jakarta, Jum`at (2/7/22).

Bagi Asri Hadi, Tjahjo adalah sosok pejabat negara yang rendah hati dan selama menjadi menjadi menteri, jauh dari isu negatif. Sosok Tjahjo, kata Asri Hadi, patut menjadi contoh pejabat publik di Indonesia.

"Beliau semasa hidup menjadi sosok pejabat publik yang pantas diteladani. Tepat sekali beliau dipercayakan menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi," ungkapnya.

Dosen senior Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu menyampaikan, Tjahjo adalah sosok yang memiliki integritas luar biasa. Kata Asri Hadi, hal itu dibuktikannya selama menjabat.

"Semasa hidup, Bapak Tjahjo Kumolo telah mengabdikan dirinya kepada negara dengan sangat baik,” ujar Asri Hadi.

"Kita sangat berduka, karena itulah kita datang melayat ke rumah duka begitu mendengar kabar beliau meninggal," tambah Asri Hadi.

Pantaun media di lokasi, tampak hadir melayat ke rumah duka di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel, Sekjend Kemendagri Suhajar Diantoro, Rektor IPDN Hadi Purnomo.

Hadi juga Ketua DPR RI Puan Maharani dan Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, mantan Ketua Umum Golkar Akbar Tandjung serta puluhan tokoh nasional baik dari anggota DPR RI maupun para pimpinan lembaga tinggi negara lainnya.

Sebagai informasi, Tjahjo meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif sejak dua pekan terakhir di RS Abdil Waluyo.

Ia mengalami komplikasi paru-paru, diabetes, dan asam urat. Jenazah Tjahjo saat ini berada dirumah duka di Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Setelah itu, jenazah akan disalatkan di masjid Kompleks Kemenpan-RB. Kemudian Tjahjo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.*

Artikel Terkait