Nasional

Upaya Menlu Retno Marsudi Hadirkan Semua Menlu G20 di Bali dan Menlu Ukraina Secara Virtual Patut Diapresiasi

Oleh : very - Kamis, 07/07/2022 23:53 WIB

Prof Hikmahanto Juwana, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal A. Yani. (Foto:Media Indonesia)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pertemuan para Menteri Luar Negeri G20, atau G20 Foreign Ministers` Meeting (FMM), akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 7-8 Juli 2022. Pertemuan itu mengambil tema “Membangun Dunia yang Lebih Damai, Stabil, dan Sejahtera Bersama."

Lobi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi beserta jajaran untuk mengupayakan semua Menlu anggota G20 hadir di Bali dan undangan khusus Menlu Ukraina yang hadir secara virtual patut diapresiasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (7/7).

“Tema yang diangkat pun sangat cerdas diangkat mengingat tidak secara spesifik membicarakan soal gencatan senjata di Ukraina, tetapi membangun dunia yang lebih damai, stabil, dan sejahtera yang ujungnya adalah terjadinya gencatan senjata,” ujar Rektor Universitas Jenderal A. Yani tersebut.

Hikmahanto mengatakan, dalam kesempatan pertemuan tersebut Menlu Retno perlu mengoptimalkan agar terjadi pertemuan bilateral antara Menlu Rusia dengan tiap-tiap Menlu G7. Hal itu agar terjadi dialog yang konstruktif untuk membangun dunia yang lebih damai.

“Kehadiran para Menlu G7 dan Menlu Rusia bisa jadi tidak terlepas dari kunjungan Presiden ke Jerman, Ukraina dan Rusia,” ujarnya.

Sepertinya semua negara yang terlibat dalam perang telah letih dan menunggu momen yang diupayakan oleh Indonesia sejak kunjungan Presiden Jokowi hingga Menlu Retno memfasilitasi pertemuan.

“Komitmen Indonesia untuk mengakhiri perang di Ukraina pun patut diapresiasi karena tidak pernah kecewa dan putus asa. Indonesia sejak kunjungan Bapak Presiden ke Eropa hingga saat ini menujukkan tidak pernah lelah dalam mengupayakan gencatan senjata di Ukraina,” pungkasnya. ***

Artikel Terkait