Jika Diberi Kesempatan, Ini yang Dilakukan RR Bagi Generasi Milenial dan Z

Oleh : very - Selasa, 12/07/2022 10:08 WIB

Rizal Ramli adalah mantan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia (2000-2001) dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (2015-2016). (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ekonom senior Dr Rizal Ramli mengatakan bahwa kemampuan generasi Z dalam berkreativitas dan kepekaan terhadap situasi bangsa ini sangat besar.

Karena itu, jika Bang RR – sapannya – diberi kesempatan memimpin negara ini, maka dia akan memberi beasiswa terhadap puluhan ribu anak dari generasi Z untuk menikmati pendidikan di luar negeri.

“Nanti kita akan buat beasiswa untuk mengirim 10.000 anak Indonesia setiap tahun dari Generasi Z untuk belajar di luar negeri,” ujar Rizal Ramli dalam acara podcast Refli Harun yang berjudul “24 Tahun Reformasi, Ini Kesaksian dan Evaluasi Rizal Ramli” yang diunggah di Jakata, belum lama.

Para anak bangsa, kata mantan Menko Perekonomian ini, memiliki anak-anak muda yang hebat dan pintar. Mereka sangat mengerti teknologi dan karena itu harus diberi kesempatan lebih besar kepada generasi Z dan milenial untuk menikmati pendidikan setinggi mungkin.

Mantan Menko Kemaritiman ini mengatakan, jika berbicara tentang kaum milenial, seolah-olah mereka hanya anaknya kaum elit, konglomerat dan pengusaha yang diurus.

“Karena itu, milenial dan Generasi Z yang yang berasal dari keluarga biasa harus diberikan kesempatan untuk lebih cerdas dan maju,” ujarnya seperti dikutip SinPo.id.

Generasi Z, menurut Rizal Ramli, hidupnya lebih susah dan terus berjuang hingga saat ini. Mereka juga memiliki keinginan kuat untuk memecahkan masalah bangsa dan sangat melek informasi.

Apalagi, dengan teknologi, internet yang terus merek ikuti sehingga mereka lebih luas informasinya.

"Saya punya harapan lebih tinggi pada anak-anak generasi Z, karena mereka lebih terbuka informasi juga lebih luas dan ketiga mereka itu konsep terhadap internet, baru nih. Kalau dulu kan nyaris nggak lah,” kata Rizal Ramli.

Kaum milenial yang muncul saat ini, katanya, adalah kebanyakan anak orang kaya dan pejabat. Karena itu, merekalah yang kemudian menjadi bintang.

“Karena kalau dulu kan milenial yang jadi bintang itu millenial anaknya orang kaya, anaknya pejabat ini yang dijadikan showcase, yang dirangkul oleh Jokowi. Milenial anak elite anak pejabat, dan kebanyakan nggak bisa apa-apa,” ujar Bang RR.

Mantan Kepala Bulog itu memiliki perhatian khusus terhadap generasi Z. Dalam beberapa kesempatan dia selalu menyampaikan keinginannya untuk mendorong para generasi Z tersebut.

Anak-anak milenial dan generasi Z yang berasal dari keluarga biasa dan tidak mampu harus diberi kesempatan agar mereka tampil lebih cerdas dan maju. “Jadi bukan saja kaum milenial dan generasi Z yang berasal dari keluarga kaum elit saja yang bisa menikmati kemajuan pembanguan bangsa ini,
 ujarnya. ***

Artikel Terkait