Nasional

Jokowi Terima Kunjungan Presiden Timor Leste di Istana Bogor, Ini yang Dibahas

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 19/07/2022 11:30 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Presiden Republik Demokratik Timor-Leste José Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/5).

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Presiden Republik Demokratik Timor-Leste José Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/5). Rangkaian penyambutan Jose digelar di Istana Kepresidenan Bogor mulai pukul 10.00 WIB.

Jose disambut dengan pasukan yang terdiri atas pasukan dari pakaian daerah, berkuda, serta marching band yang mengiringi kendaraannya dari gerbang masuk. Kemudian, Jose berhenti dan disambut Presiden Jokowi di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor.

Berikutnya, Jokowi dan Jose melakukan upacara penyambutan kenegaraan yang diiringi dengan lagu kebangsaan dua negara. Selain itu, terdengar 21 dentuman meriam yang diakhiri dengan pengenalan masing masing delegasi dari setiap negara .

Kemudian mantan Wali Kota Solo itu dan Jose melakukan sesi foto bersama. Setelahnya, Jose menandatangani buku tamu kenegaraan.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Ramos melakukan penanaman pohon bersama di halaman belakang istana Kepresidenan Bogor. Setelah melaksanakan penanaman pohon bersama, keduanya melakukan pertemuan tatap muka atau veranda talk di halaman belakang istana Kepresidenan.

Usai melakukan pertemuan tatap muka, kedua pemimpin negara melaksanakan pertemuan bilateral dengan delegasi masing masing di ruang oval istana Kepresidenan Bogor.

Keduanya lalu menyaksikan naskah atau nota Kesepahaman yang akan di tanda tangani. Berikutnya, kedua pemimpin negara akan melaksanakan keterangan pers bersama.

Penyambutan kenegaraan Jose ini akan ditutup dengan jamuan santap siang kenegaraan.

Hubungan diplomatik Indonesia dan Timor Leste sendiri sudah berjalan selama 20 tahun. Rencananya, ada empat naskah kesepahaman atau MoU yang akan diteken kedua negara, mulai dari bidang pertanian, pergerakan lintas batas bis, standarisasi dan meteorologi, serta kerja sama teknis di bidang perdagangan.

Sebagai informasi, Jose Ramos-Horta dilantik sebagai Presiden Timor Leste pada 19 Mei 2022. Namun, dia sebelumnya juga pernah menjadi Presiden Timor Leste pada periode 2007-2012.*

Artikel Terkait