Daerah

Garap Dekat Tower PLN, Aktivitas PETI Ancam Merangin Gelap Gulita

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 24/07/2022 00:04 WIB

Aktivitas PETI bikin geleng-geleng kepala. Coba lihat, PETI sampai garap kawasan tower SUTT PLN di Desa Tambang Baru, Kecamatan Tabir Lintas, Merangin.

Jakarta, INDONEWS.ID – Aktivitas PETI bikin geleng-geleng kepala. Coba lihat, PETI sampai garap kawasan tower SUTT PLN di Desa Tambang Baru, Kecamatan Tabir Lintas, Merangin. Siap-siap gelap gulita.

SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) milik PLN Merangin (Perusahaan Listrik Negara) itu terancam roboh akibat aktivitas PETI (Penambangan Emas Tanpa Izin) yang tengah berlangsung.

Informasi yang awak media rangkum, aktivis PETI tersebut gawean rombongan ML, YN dan IY.

Setidaknya di lokasi tersebut ada sekitar 13 unit alat tambang jenis dompeng. Kemudian ada 1 unit Excavator yang menggali dengan kedalaman sekitar 12 meter.

Namun sayangnya, puluhan dompeng ini mengerjakan pada area SUTT yang diketahui penghantar arus listrik jarak jauh milik PLN. Bisa saja tower SUTT ini roboh jika bekas galian tersebut terus terkikis dan longsor.

"Ya kami sangat sanksi sekali melihatnya, sebab itu tidak jauh dari tower milik PLN. Kalau roboh tower itu bisa saja listrik padam berminggu-minggu. Seharusnya mereka jangan merusak area SUTT kalau untuk mencari rezeki," kata TK salah satu warga Desa Tambang Baru.

Sementara itu, Zera manager PLN Bangko saat dikonfirmasi media ini sangat menyayangkan aktivis tersebut.

"Ya kami sangat menyayangkan adanya aktivitas tersebut, tapi ini bukan domain kami untuk bertindak tapi bagian UPT GI. Nanti akan saya sampaikan kepada yang berkompeten dengan adanya aktivitas ini, sebab kalau sempat roboh memang semua di rugikan," kata Zera.

Kasat Reskrim Polres Merangin AKP Indar Wahyu saat dikonfirmasi terkait aktivitas PETI di area SUTT melalui telepon selulernya hingga berita tayang, belum ada jawaban.
(Red/Erwin Majam)

Loading...

Artikel Terkait