Nasional

Ini Kronologinya! Imigrasi Ngurah Rai Tegaskan Tidak Ada Antrean hingga 5 Jam di Bandara

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 01/08/2022 10:21 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID – Imigrasi Ngurah Rai angkat suara mengenai isi artikel sebuah blog yang menyebutkan kondisi antrean di area imigrasi Ngurah Rai. Dimana disebutkan, antrean memakan waktu lebih dari 5 jam di area imigrasi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Sugito menyampaikan bahwa keterangan yang disampaikan pada artikel tersebut tidaklah benar.

Lantas, Sugito menjelaskan mengenai kronologis kedatangan penulis artikel tersebut saat mendarat di Bali. Yang bersangkutan, kata Sugito, datang pada hari Jumat 29 Juli 2022 dari Bangkok, Thailand dan mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 14.43 WITA.

"Yang bersangkutan kemudian melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan dan menuju konter BRI untuk membeli Visa on Arrival (VOA)," kata Sugito dalam keterangan resmi yang diterima Indonews.id, Senin (1/7/22) pagi.

Berdasarkan data pada aplikasi perlintasan keimigrasian, sambung Sugito, yang bersangkutan tercatat melakukan pemeriksaan keimigrasian pada pukul 15.47 WITA.

"Sehingga total waktu yang dibutuhkan yang bersangkutan dari keluar pesawat, pemeriksaan KKP, pembayaran VOA dan penyelesaian pemeriksaan keimigrasian adalah 54 menit," ungkapnya.

Sugito menambahkan, bahwa seiring dengan perluasan kebijakan keimigrasian mengenai penambahan subjek negara Visa on Arrival (VOA) dan pemberian bebas visa kunjungan bagi negara-negara di kawasan asia tenggara, jumlah penerbangan maupun volume kedatangan penumpang yang menuju Bali mengalami peningkatan.

Peningkatan jumlah penerbangan juga mengakibatkan adanya jadwal penerbangan internasional yang mendarat secara berdekatan.

Hal tersebut tentunya berpotensi menyebabkan kepadatan pada area kedatangan pada saat jam sibuk (peak time). Namun Sugito memastikan bahwa pemeriksaan keimigrasian tetap berjalan lancar dan kondusif.

“Kami telah melakukan langkah antisipatif terhadap potensi kepadatan penumpang pada jam sibuk dengan menambah petugas, sehingga dengan komposisi 25 konter pada area kedatangan maka kami dapat menyelesaikan pemeriksaan 1500 penumpang/jam," tambah Sugito.

Imigrasi Ngurah Rai mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam pemulihan sektor pariwisata Bali dengan berkomitmen untuk menjalankan pemeriksaan keimigrasian sesuai dengan SOP dan peraturan yang berlaku.*

 

Artikel Terkait