Nasional

Peluncuran Prangko Seri Prajurit Keraton & Asean Para Games 2022 di Solo

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 06/08/2022 15:14 WIB

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R. Djoemadi (paling kiri)

Surakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka memperingati Asean Para Games ke – 11th 2022 yang diadakan di Kota Solo pada 30 Juli – 6 Agustus 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI akan meluncurkan Prangko 5.000 seri, khusus Asean Para Games 2022 dan seri Prajurit Keraton Surakarta. Akan diadakan kirab budaya yang dimulai dari Kori Kamandungan Keraton Surakarta dan berakhir di Balai Kota Surakarta.

Susunan acara prosesi peresmian prangko akan dimulai pukul 15.00 WIB yang akan dibuka dengan oleh MC dan sambutan oleh SISKS Pakoe Boewono XIII. Pada pukul 15.30 WIB prosesi pemberangkatan prajurit keraton sebagai penanda pembukaan acara kirab.

Diperkirakan pukul 16.00 WIB prosesi kirab akan sampai di Balai Kota yang kemudian akan disambung dengan atraksi prajurit Keraton Kasunanan dan tarian Krido Retno.

Adapun urutan keberangkatan peserta kirab kebudayaan adalah: korps musik keraton, prangko Prajurit Keraton Surakarta raksasa, pasukan Prajurit Keraton Surakarta, prangko Asean Para Games, Pasukan pembawa bendera negara, pasukan pembawa bendera logo Asean Para Games, Kereta VIP (3 Kereta Kencana dan 1 Biolet) kemudian kesenian yang sudah menunggu di 3 pos.

Kesenian yang akan mengikuti acara kirab adalah Reog Surakarta yang berada di pos Pertigaan Pasar Klewer, Gajah Krumpyung yang berada di pos pertigaan Alun-alun, Buto Bajang yang berada di pos Bunderan Gladag, dan Barong Kemamang yang berada di pos finish Balai Kota. Para seniman akan tampil sebelum berjalan mengikuti kirab.

Sambutan Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo dan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bapak Jhonny G Plate dilanjutkan penandatanganan Sampul Hari Pertama Prangko Seri Prajurit Keraton Surakarta dan Sampul Peringatan 11th ASEAN Para Games Solo 2022 oleh Menkominfo Bapak Jhonny G Plate dan Walikota Surakarta Bapak Gibran Rakabuming Raka.

Keduanya didampingi oleh Dirjen PPI Kominfo, Direktur Pos Kominfo, Gubernur Jateng, Komisaris dan Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R. Djoemadi serta Putra Mahkota Kasunanan Surakarta, yang kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.*

Artikel Terkait