Nasional

Meriahkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, DKI Jakarta gelar Apel Akbar

Oleh : luska - Senin, 15/08/2022 12:18 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebagai ibukota negara, Jakarta pun tak mau ketinggalan dan turut menyemarakkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.Jajaran pemerintah provinsi DKI Jakarta mengikuti apel akbar, bertempat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (15/08). Dalam apel tersebut juga diadakan penyerahan simbolis bendera merah putih oleh Wakil Gubernur (Wagub) DKI jakarta Ahmad Riza Patria kepada Resimen Mahasiswa Jayakarta, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi DKI Jakarta, juga perwakilan organisasi masyarakat.

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan bahwa Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, patriotisme dalam rangka terus menjaga berbagai perbedaan kita sebagai sebuah anugerah dari Tuhan YME. "Kita tahu kita punya perbedaan suku, bangsa, bahasa, agama, adat istidat. Tapi itu sebuah anugerah, sebuah kekuatan yang harus kita jaga dan kita rawat. Landasan kita adalah persatuan, persaudaraan. Apel ini memastikan kita semua kompak dan bersatu untuk kompak melawan ancaman dan menghadapi tantangan untuk memajukan bangsa," ujar Riza.

Dirjen Politik dan PUM Kemendagri, Bahtiar, menyambut positif antusiasme Pemprov DKI Jakarta dalam menyukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. "Terimakasih kepada masyarakat DKI Jakarta yang telah mendukung gerakan ini. Semoga dengan adanya gerakan ini dapat semakin menebalkan nilai nasionalisme dan merekatkan bangsa ini. Merah putih sebagai simbol, pertanda negara merdeka dan berdaulat. Diantara banyak bendera, ada satu bendera yang kita sucikan dan sakralkan, disitulah kesamaan kita sebagai bangsa," ujar Bahtiar.

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri berlangsung sepanjang bulan Agustus 2022. Hingga saat ini, gerakan ini sudah diikuti oleh hampir seluruh provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia. Selain pemerintah daerah, Kemendagri juga mendorong segala unsur masyarakat untuk dapat bergabung dan membagikan bendera merah putih di lingkungan sekitarnya. (Lka)

 

TAGS : Kemendagri

Artikel Terkait