Bisnis

Momen HUT RI ke-77, Erick Dorong Istri Nelayan Gabung PNM Mekaar

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 20/08/2022 09:59 WIB

Menteri BUMN, Erick Thohir

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan esensi kemerdekaan adalah keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Itu artinya setiap orang harus memiliki akses untuk hidup sejahtera. Tak hanya di kota, tapi juga untuk saudara-saudara kita di seluruh pelosok desa.

“Salah satunya akses listrik hingga ke wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar. Listrik adalah kebutuhan masyarakat modern. Karena itu sudah menjadi tanggungjawab kami memastikan akses listrik untuk keluarga menengah ke bawah,” kata Erick Thohir dikutip dari Instagramnya @erickthohir, Rabu (17/8/2022).

Untuk itu, PLN terus bertransformasi, memastikan pasokan listrik aman, dan memberikan pelayanan terbaik bagi rakyat yang kita cintai. BUMN juga terus mendorong penciptaan sumber listrik bagi energi baru terbarukan.

Selain listrik, sektor pertanian juga sangat penting. BUMN melalui program Makmur, mendukung kehidupan para petani agar jadi jauh lebih sejahtera. Sekaligus memperkuat ketahanan pangan nasional.

Melalui program Makmur, petani mendapat bantuan modal, pupuk, bibit, hingga asuransi di 200 ribu hektare lahan di puluhan provinsi.

“Sama seperti petani, jangan sampai nelayan kita seperti ikan yang kelaparan di laut yang kaya. Pertamina bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM akan memenuhi kebutuhan solar bersubsidi bagi para nelayan,” ujarnya.

Lewat koperasi, mereka juga bisa mendapat kemudahan akses Kredit Usaha Rakyat (KUR). Istri para nelayan dan petani juga bisa mendapatkan modal usaha melalui PNM Mekaar. Sudah terbukti selama pandemi covid-19 12,7 juta ibu-ibu nasabah telah membuka lapangan kerja hingga 7,1 juta.

Menurutnya, petani, nelayan, ibu-ibu Mekaar, dan para pelaku UMKM adalah ujung tombak perekonomian Indonesia. Karena itu, BUMN terus mendorong UMKM bisa naik kelas dengan memberikan kemudahan modal usaha, pendampingan, hingga ruang berusaha.

“Pendiri bangsa ini memaknai kemerdekaan adalah berdaulat, bersatu, adil, dan Makmur. Bersama-sama kita bisa mewujudkan, selamat hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia,” pungkas Erick.*

Artikel Terkait