Bisnis

CIMB Niaga Finance Raih Pembiayaan Baru Sebesar 103 Persen pada Semester I 2022

Oleh : very - Rabu, 24/08/2022 17:50 WIB

Presiden Direktur CIMB Niaga Finance Ristiawan Suherman (tengah depan) dalam acara laporan kinerja perusahaan hingga pertengahan tahun dalam acara konferensi pers yang berlangsung di GOR Seskoal Cipulir, Rabu (24/8). (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance/CNAF) melaporkan kinerja perusahaan hingga pertengahan tahun dalam acara konferensi pers yang berlangsung di GOR Seskoal Cipulir, Rabu (24/8).

Presiden Direktur CIMB Niaga Finance Ristiawan Suherman mengatakan jumlah pembiayaan baru (Booking) yang diraih perusahaan mencapai Rp4,47 triliun pada semester 1 tahun 2022.

“Jumlah tersebut naik sebesar 103% year-on-year (YoY), dibandingkan periode yang sama di tahun 2021 sebesar Rp2,20 triliun,” ujarnya.     

Sejalan dengan peningkatan pembiayaan baru, katanya, perseroan juga berhasil membukukan laba sebelum Pajak atau PBT (profit before tax) sebesar Rp246 miliar, naik sebesar 90% YoY dibandingkan semester 1 tahun 2021 sebesar Rp129 miliar.

Selain itu, perseroan juga secara konsisten mempertahankan rasio kredit bermasalah atau NPF (non performing financing) di bawah rata-rata industri yaitu sebesar 0,92%. Jumlah ini lebih rendah dibanding periode yang sama di tahun 2021.

Selain itu, kata Ristiawan, rasio-rasio keuangan juga terjaga dengan baik. Per 30 Juni 2022, return on assets (ROA) dan return on equity (ROE) perseroan masing-masing tercatat sebesar 8,25% dan 24,87%.

“Tahun 2022 merupakan tahun dimana bisnis otomotif sudah mulai kembali seperti sebelum pandemi. Hal tersebut terlihat dari aktivitas masyarakat yang sudah berlangsung normal. Hal ini sejalan dengan berbagai stimulus yang telah dikeluarkan pemerintah dalam percepatan ekonomi,” ujarnya.

Ke depan, Ristiawan mengatakan bahwa dirinya optimistis bisa mencapai target yang telah dipatok perseroan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman wartawan yang selalu mendukung kami sehingga bisa memperolah hasil yang telah diraih sampai pada hari ini,” ujarnya.

Konferensi pers tersebut kemudian dilanjutkan dengan acara "Merdeka Friendly Match", yaitu pertandingan antara kelompok wartawan dan karyawan perusahaan. Pertandingan yang digelar masih dalam rangka kemeriahan hari ulang tahun kemerdekaan ke-77 RI itu meliputi tenis meja, badminton dan lomba makan krupuk dan tarik tambang.

Hadir dalam acara itu selain Presiden Direktur CIMB Niaga Finance Ristiawan Suherman antara lain Direktur Keuangan & Strategi CIMB Niaga Finance Imron Rosyadi, Direktur Perusahaan, Danis V. Bimawan, Direktur Sales & Acquisition, Kurniawan Kartawinata, dan Direktur Credit & Risk, Antonius Herdaru D dan para staf. ***

 

Artikel Terkait