Daerah

RIFA Fest 2022 Tebar 50 Ribu Ekor Ikan di Sungai Ciliwung

Oleh : indonews - Sabtu, 03/09/2022 08:28 WIB

Tebar ikan di Kali Ciliwung. (Foto: Ist)

Bogor, INDONEWS. ID - Sebanyak 50 ribu ekor ikan ditebar Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Antam Novambar bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya , Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) KKP, I Nyoman Radiarta serta Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian dan Sekda Kota Bogor, Yane Ardian di Sungai Ciliwung.

Penebaran atau restocking ikan merupakan bagian dari rangkaian acara Fisheries and Aquaculture Product Festival (RIFA Fest) 2022 yang digelar di halaman Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP), Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (2/9/2022).

Sekjen KKP, Antam Novambar menyebutkan, mayoritas ikan yang ditebar adalah ikan khas Ciliwung dan restocking yang dilakukan sebagai upaya untuk melestarikannya. Adapun jenis ikan yang ditebar adalah Nilem, Tor Soro, Baung, Tawes dan Mata Merah.

“Semoga ikan yang ditebar berkembang biak dan memberikan keberkahan. Kami terus berikhtiar dengan terus berinovasi yang berkeberlanjutan untuk perikanan, khususnya di darat yang kami prioritaskan sebagai jawaban dari persoalan stunting. Kota Bogor kebetulan tidak memiliki laut tetapi luar biasa malah di Kota Bogor kita fokuskan dengan perhatian pada sungai yang bersih dan sehat,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengungkapkan, ikan-ikan yang ditebar tentunya melalui riset, ikan apa yang cocok untuk di tebar di Sungai Ciliwung. Hal serupa diungkapkannya saat Pemkot Bogor meluncurkan tim yang namanya sama dengan salah satu jenis ikan yang ditebar yaitu Tim Kancra.

“Ikan jenis Tor Soro di Jawa Barat disebut dengan ikan kancra. Tim ini tugasnya menjaga kebersihan Sungai Ciliwung dan menjadikannya sebagai pekarangan depan rumahnya. Sebelum di launching kami melakukan riset juga. Kita lakukan riset, restocking, memastikan tidak ada sampah, mengurangi sampah plastik,” kata Bima Arya.

Namun diakuinya, dalam menjaga kebersihan lingkungan dan sungai tentunya tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi harus berkolaborasi dengan semua pihak terkait. Ikan yang ditebar harus diimbangi dengan usaha menjaga sungainya.

“Kita butuh stok ikan dan kita butuh kajian riset dan hal lainnya. Ujung-ujungnya adalah bisa memberikan manfaat bagi bonus demografi. Anak-anak kita siap menjemput masa depan salah satunya berkat dukungan mendapatkan nutrisi bergizi dari makan ikan. Selain itu  lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah sehingga melahirkan hidup yang berkualitas. Dan ini berkat kolaborasi dan sinergi, jadi totalitas,” jelasnya. (yopi)

Artikel Terkait