Nasional

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Dukung Penguatan Kerja Sama Kepemudaan Asia Timur dan Amerika Latin

Oleh : luska - Selasa, 20/09/2022 19:02 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendukung upaya penguatan kerja sama bidang kepemudaan dalam kerangka forum kerja sama negara-negara Asia Timur dan Amerika Latin yang juga dikenal sebagai Forum for East Asia and Latin America Cooperation (FEALAC). Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Prayono Atiyanto, Diplomat Ahli Utama Direktorat Kerja Sama Intra-kawasan dan Antar-kawasan (KSIA) Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI kepada Asri Hadi, Pemimpin Redaksi indonews.id.

Duta Besar Prayono Atiyanto diterima oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam pertemuan di Gedung Sate, Bandung, 16 September 2022. Dalam pertemuan ini Duta Besar Prayono Atiyanto juga didampingi oleh dua Diplomat Ahli Madya Direktorat KSIA Amerika dan Eropa yaitu Andante Widi Arundhati dan Moestika Moettaqaliman.

Gubernur Ridwan Kamil menyampaikan kesediaan menjadi pembicara dalam acara perayaan FEALAC Day 2022 yang akan diadakan di Jakarta pada tanggal 22 September 2022. Tema FEALAC Day tahun ini adalah “Empowering Youth: Reviving Indonesia’s Friends of FEALAC”. Acara ini akan diawali dengan sambutan kunci oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Duta Besar Umar Hadi. Pelaksanaan kegiatan ini juga didukung oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (FKMHII).

“Kegiatan kepemudaan FEALAC memang tidak asing bagi Gubernur Ridwan Kamil atau biasa disapa oleh banyak orang sebagai Kang Emil”. Demikian kata Duta Besar Prayono. 

Pada tahun 2015, Kang Emil yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Bandung telah menginisiasi penyelenggaraan Indonesia-FEALAC Youth Conference (IFYC) di Bandung yang menghasilkan pembentukan FEALAC Youth Forum. Selanjutnya Kang Emil juga menggagas pembentukan FEALAC Youth Center. Gagasan ini kemudian disetujui oleh Pertemuan Menteri Luar Negeri FEALAC ke-8 di Busan, Korea Selatan, 31 Agustus-1 September 2017. FEALAC Youth Center yang berlokasi di gedung Bandung Creative Hub diresmikan pada tanggal 19 Januari 2018.

Kang Emil juga mendukung penyelenggaraan kegiatan kepemudaan FEALAC dalam bentuk antara lain pertukaran pemuda dan kegiatan lain yang inovatif dan kekinian. Selain itu, sekiranya dimungkinkan juga penyelenggaraan FEALAC Youth Summit.

Sebagai informasi, FEALAC dibentuk pada tahun 1999 untuk meningkatkan kerja sama di antara dua kawasan Asia Timur dan Amerika Latin. Anggota FEALAC terdiri dari 36 negara yaitu 16 negara Asia Timur termasuk Indonesia dan negara ASEAN lainnya serta 20 negara Amerika Latin. FEALAC menggabungkan populasi kedua kawasan dengan total sebanyak 2,9 milyar (2.919.974.356) atau 37,62% dari total populasi dunia (sumber: perkiraan Bank Dunia tahun 2020 dan FEALAC Cyber Secretariat).

Indonesia berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan FEALAC. Menurut Duta Besar Prayono, Indonesia pernah menjadi Ketua Regional Kawasan Asia Timur (2010-2011, 2011-2013), Ketua Bersama Working Group on Politics, Culture, and Education (2007-2009), Ketua Bersama Working Group on Tourism, Investment, Trade and SMEs (2015-2017), Ketua Bersama Working Group on Culture, Youth, Gender and Sports (2017-2019, 2019-2021). Saat ini Indonesia juga masih menjadi Ketua Bersama Working Group on Culture, Youth, Gender and Sports sampai ada negara Asia Timur lain yang menggantikan.
 
FEALAC Day, sebagaimana disampaikan Duta Besar Prayono, adalah juga inisiatif Indonesia yang kemudian mendapat persetujuan dalam Pertemuan Tingkat Pejabat Senior FEALAC ke-19 di Vientiane, Laos, 19-22 November 2018. Tujuan pokok FEALAC Day adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai keberadaan dan kegiatan FEALAC. 

Anda semua bisa ikut berpartisipasi secara daring pada perayaan FEALAC Day 2022, tanggal 22 September 2022 dengan mendaftar melalui tautan https://tinyurl.com/FEALACDay22reg. (Lka)


 


 

TAGS : Ridwan kamil

Artikel Terkait