Daerah

Olahraga Merangin Mencemaskan, Terancam Rangking 1 Dari Belakang

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 24/09/2022 23:08 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Kabar pergantian Ketua KONI Merangin, Radius Suhanda bikin cemas. Olahraga Merangin terancam rangking 1 dari belakang di Porprov 2023.

Informasi yang awak media himpun, KONI memberhentikan Ketua Umum KONI, Radisu lantaran tidak pro aktif dan tak pernah hadir pada acara rapat atau pertemuan.
Hal itu berdasarkan Surat Keputusan nomor 10 tahun 2022 yang keluar pada 1 September 2022 lalu.

Tampuk kepemimpinan itu berganti ke Mukhtar Alip, menjabat sebagai Pejabat Pelaksana Tugas Ketua Umum KONI Merangin masa bakti 2019-2023.

Kondisi ini, membuat cemas insan olahraga. Selain kepengurusan yang baru, soal anggaran untuk even olahraga juga jadi masalah.

Bukan apa-apa, even Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 sudah di depan mata, sedangkan saat ini berjalan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov)

“Ini yang lagi hangat. Banyak cabor mengikuti Kejurprov dan persiapan Porprov dengan biaya sendiri,” kata salah satu pengurus Cabang Olahraga (Cabor) di Merangin.

Kemampuan Plt Ketua KONI Merangin jadi sorotan. Mampukah memperjuangkan even demi even tersebut.

Seperti Karate dan Taekwondo yang akan mengikuti pertandingan. Sebelumnya PABSI mengikuti pertandingan dengan biaya sendiri dengan meraih 3 emas, 3 perak.

Pasalnya, insan olahraga mendengar bahwa anggaran akan masuk tahun depan, sementara even sudah berjalan berikut persiapan Porprov.

“Baru akan di anggaran dana Cabor 2023. Baru, baru akan,” katanya lagi.

Informasi yang terangkum, anggaran berkisar Rp 450 juta itu bikin cemas para pengurus cabor.
1 cabor saja, membutuhkan anggaran kisaran Rp 65 juta. Sementara itu, ada 33 cabor. Setidaknya, membutuhkan dana Rp 1,8 Milyar.

“Kalau anggaran Rp 450 juta, banyak cabor yang tidak ikut,” katanya.

Sebagai informasi, pada Porprov 2018 lalu, Merangin mengirimkan 28 Cabor dari 32 Cabor yang dipertandingkan.

Pada event tersebut, Merangin rangking 1 dari belakang alias juru kunci. Kabupaten kelahiran Gubernur Jambi ini meraih 17 Emas, 42 Perak dan 47 Perunggu.*(Erwin Majam)

Artikel Terkait