Nasional

PTPN Pantau PKS Lewat EWMS

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 25/09/2022 11:23 WIB

Jambi, INDONEWS.ID - Perkembangan teknologi yang sangat cepat dimanfaatkan tim Informasi Teknologi (IT) PTPN VI dengan persingkat kinerja. Salah satunya menciptakan aplikasi EWMS (Early Warning Maintance System).

``Aplikasi EWMS ini, menyatukan semua data informasi dan aktifitas semua Pabrik Kelapa Sawit (PKS). Kapanpun bisa dipantau,`` kata Kabag IT PTPN VI, Taufik Pulungan saat louncing EWMS di ruang Sawit kantor PTPN VI, Senen (25/9/22).

Dikatakan Taufik, EWMS sebagai reminder masa pemakaian material stasiun rebusan, boiler di seluruh PKS PTPN. Masa kerja dan berlaku material hingga stasiun klarifikasi material akan diketahui dengan aplikasi EWMS.

"EWMS terhubung dengan WhatsApp. Setiap hari akan dikirim notifikasi WhatsApp ke Asisten maupun Manager Kebun yang terlibat pengolaan material stasiun PKS. Tentu nomor WhatsApp mereka terdaftar di EWMS," paparny.

Notifikasi WhatsApp di EWMS ini, meliputi pesan lifetime, material, presentasi operasional dan jam operasional. "Jadi operasional atau tidak PKS langsung tahu kita," kata Taufik.

Dijelaskan, aplikasi EWMS juga memberikan informasi status kritikal, warning dan safe semua akan terinci di aplikasi ini.

"Informasi kritikal memuat masa pemakaian material diatas 90 persen Warning informasi pemakaian 51 sampai 89 persen serta safe menginfokan pemakaian mencapai 0 hingga 50 persen," urainya.

Dengan demikian, ujar Taufik kapan waktu material akan diganti serta kapan service atau istirahat kerja akan diketahui. Kapan kita ganti atau cuma servis kita sudah tahu waktunya,`` katanya.*az

Artikel Terkait