Nasional

PP ISEI bersama Kafegama Sukses Gelar Diskusi Internasional Respon Kebocoran Pipa Gas Nord Stream

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 06/10/2022 19:01 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (PP ISEI) bersama Kafegama sukses menggelar diskusi internasional yang digelar melalui aplikasi meeting zoom pada Kamis (6/10/22).

Diskusi yang mengangkat tema "Sabotase Nord Stream I & II: Musibah Besar di Depan Mata?" itu melibatkan peserta yang tersebar di sejumlah kota di dunia antara lain Stockholm, Munich dan Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam itu menghadirkan para pembicara kompeten antara lain Muha Edhie Purnawan selaku Ketua PP ISEI bidang Internasional yang menyampaikan opening remarks.

Selanjutnya, hadir pula H.E. Kamapradipta Isnomo selaku Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia merangkap Republik Latvia. Pada kesempatan itu, Dubes Kamapradipta hadir sebagai keynote speaker.

Sementara untuk pembicara hadir antara lain Fajar Hari Sampurno selaku Deputi Menteri BUMN periode 2015-2019 sebagai chairman, Peddy Adhyaksa selaku Founder & CEO Viorez Medizintechnik GmbH & Group, Munich-Jerman dan Fahmi Gustiawan selaku PP Cafegama Bidang Humas dan Kelembagaan.

Diskusi online ini berawal dari adanya persoalan terkait bocornya pipa gas Nord Stream I dan II yang telah menggemparkan dunia.

Terlebih, kepada sebagian negara di benua Eropa, mereka terkena dampak langsung ataupun tidak langsung.

Peristiwa naas soal kebocoran di bawah laut utama di Nord Stream yang membawa gas alam Rusia ke Jerman (dan Uni Eropa) itu pertama kali ditemukan oleh Swedia.

Penjaga pantai Swedia mengaku menemukan kebocoran ke-4 di pipa gas Nord Stream II. Sebelumnya, Denmark dan Swedia telah melaporkan kebocoran gas pada pipa Nord Stream I dan II baru-baru ini.*

Artikel Terkait